3 Rajab 1441

Besok, Citilink Layani Penerbangan Umrah dari Kertajati

Selasa , 07 Jan 2020, 17:14 WIB Reporter :Rahayu Subekti/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Besok, Citilink Layani Penerbangan Umrah dari Kertajati. Foto:  Petugas mengecek kualitas Avtur yang akan didistribusikan ke pesawat di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).
Besok, Citilink Layani Penerbangan Umrah dari Kertajati. Foto: Petugas mengecek kualitas Avtur yang akan didistribusikan ke pesawat di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Kementerian Agama sudah menetapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Jawa Barat menjadi embarkasi dan debarkasi haji 2020. Maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier yang kini sudah memiliki pesawat berbadan besar akan mlayani penerbangan umrah dari BIJB.

“Citilink akan melaksanakan penerbangan charter umrah dari BIJB ke Jeddah besok (8/1),” kata VP Corporate Secretary Citilink Indonesia Resty Kusandarin kepada Republika.co.id, Selasa (7/1).

Dia menjelaskan penerbangan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Kementerian Perhubungan. Khususnya, lanjut Resty, untuk mendukung program pemerintah yang menetapkan BIJB sebagai bandara embarkasi dan debarkasi Haji 2020 untuk Provinsi Jawa Barat.

“Untuk penerbangan dari BIJB Kertajati ke Jeddah ini, Citilink akan menggunakan pesawat Airbus A320 Neo,” tutur Resty.

Dia menjelaskan pesawat Airbus A 330 Neo sudah didatangkan pada awal Desember 2019. Resty mengatakan selama peak season Natal dan Tahun Baru 2019/2020 juga sudah digunakan untuk mengakomodir penerbangan rute domestik, salah satunya Jakarta-Denpasar.  

Resty menambahkan saat ini Citilink baru akan melayani penerbangan umrah dari BIJB untuk besok saja. “Namun tidak menutup kemungkinan adanya momen lain (untuk melayani penerbangan umrah),” ungkap Resty.

Penetapan BIJB Kertajati menjadi embarkasi dan debarkasi haji 2020 ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) oleh Menteri Agama Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hari ini (7/1). Dengan begitu yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta, mulai tahun ini akan terbang melalui BIJB. Tercatat kuota haji untuk Jawa Barat sebanyak 38.852 jamaah yang akan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan nantinya seluruh jamaah haji yang berasal dari Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi. Selain itu juga mengikuti seluruh rangkaian proses seperti customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi.

“Selanjutnya seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB,” jelas Fachrul. 

 

 

 
Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:42 04:42 12:08 15:14 18:16 19:25

widget->kurs();?>

BERITA LAINNYA