15 Zulhijjah 1441

DPR Upayakan Biaya Haji 2020 tidak Naik

Jumat , 10 Jan 2020, 16:35 WIB Reporter :Febryan A./ Redaktur : Ani Nursalikah
DPR Upayakan Biaya Haji 2020 tidak Naik. Jamaah haji Indonesia mengikuti manasik haji di pelataran Masjid Nabawi, Madinah.
DPR Upayakan Biaya Haji 2020 tidak Naik. Jamaah haji Indonesia mengikuti manasik haji di pelataran Masjid Nabawi, Madinah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Komisi VIII DPR RI lewat Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) masih membahas besaran biaya haji 2020. Menteri Agama fachrul razi sudah menyebut berupaya agar biaya haji tak naik atau tetap sama dengan tahun lalu di kisaran Rp 35 juta.

 

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua komisi viii DPR RI Ace Hasan Syadzily mengaku juga sedang mengupayakan agar biaya haji 2020 tak naik. "Insya Allah kita akan tetap berusaha agar tidak terjadi kenaikan biaya," ucapnya ketika dihubungi Republika.co.id dari Jakarta, Jumat (10/1).

Ace mengatakan Panja BPIH Komisi VIII DPR RI masih menghitung sumber pembiayaannya. Mulai dari dana optimalisasi yang tersedia di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan dana setoran yang berasal dari jamaah haji.

Sedangkan untuk perincian biaya, Panja BPIH juga telah memanggil maskapai dan bandara. Selanjutnya, Panja BPIH akan mendatangi Arab Saudi guna memastikan biaya pemondokan dan konsumsi jamaah.

"Target kami, akhir Januari 2019 ini sudah segera diumumkan BPIH 2020," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan akan mengupayakan tidak ada kenaikan untuk BPIH 2020. Meski ada kenaikan biaya komponen, tapi akan mengupayakan agar biaya haji sama dengan tahun lalu.

"Kita usahakan nggak ada kenaikanlah. nanti kita ketemu lagi, biaya haji memang naik, naiknya di pesawat terbang dan visa. Tapi kita usahakan supaya jamaah tetap membayar sama dengan yang dulu," kata Fachrul saat ditemui wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (9/1).

 

widget->kurs();?>