29 Jumadil Awwal 1441

FKAPHI Siap Bantu Sukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Selasa , 14 Jan 2020, 20:31 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
FKAPHI Siap Bantu Sukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji. Foto: Ketua Umum Pengurus Besar FKAPHI HM Affan Rangkuti
FKAPHI Siap Bantu Sukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji. Foto: Ketua Umum Pengurus Besar FKAPHI HM Affan Rangkuti

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) siap membantu pemerintah menyukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2020. Seperti diketahui pemerintah melalui Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan sedang melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

"FKAPHI hadir dalam melaksanakan program kerja organisasi dalam mendukung program pemerintah dalam penyelenggaraan haji, umrah, pendidikan, sosial dan kemanusiaan," kata Ketua Umum FKAPHI Affan Rangkuti saat dihubungi, Ahad (12/1).

Affan menuturkan, kenapa FKAPHI mendeklirkan siap menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji, karena FKAPHI memiliki beberapa program yang bisa berkontribusi terhadap suksesnya penyelenggaraan ibadah haji di dalam dan luar negeri.

Karena pertama, kata Affan, FKAPHI memiliki tugas untuk melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, ketahanan dan kemandirian jamaah haji terkait sukses haji setiap tahun.

"Kedua, berperan serta dalam memperkuat saleh pribadi dan saleh sosial dengan melakukan dakwah, pendidikan dan amal sosial kepada masyarakat," ujarnya.

Affan mengatakan, FKAPHI sudah MoU dengan Kemenag Kabupaten Kota, Dinas Kesehatan, FK KBIH untuk melakukan manasik haji sepanjang tahun dan ini programnya sudah berjalan. Manasik haji sepanjang tahun penting dilakukan dalam rangka memberikan pembinaan, pelayanan, perlindungan, kemandirian, dan ketahanan jamaah haji.

"Karena lima hal itu merupakan tujuan penyelenggaraan haji," katanya.

Menurut dia pencapaian tujuan itu bukan hanya tugas pemerintah saja, namun merupakan tugas nasional, sukses haji adalah sukses nasional dan ukses kita bersama. Jadi penting semua pihak melakukan sinergi dan integrasi dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji bukan hanya tentang fasilitas, namun terpenting tentang ibadahnya.

Karena kata dia, orang naik haji perlu bekal dalam pengetahuan manasik dan ibadah juga kesehatan. Bekal inilah yang nantinya kita harapkan jamaah mandiri, dan sepulangnya menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang saleh pribadi dan saleh sosial.

"SDM unggul indonesia maju," katanya

Affan memastikan, saat ini pengurus wilayah (PW) FKAPHI sudah terbentuk di lima provinsi, yakni DI Yogyakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Banten dan Kalimantan Barat. Menyusul dua provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara yang tengah mempersiapkan susunan pengurus.

"Selanjutnya sedang mempersiapkan musyawarah pada Bulan Januari ini adalah Sulawesi Selatan, Maluku, Jambi, Bengkulu  Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Aceh," katanya.

Jadi, kata dia, ada 14 PW FKAPHI nantinya terbentuk pada bulan Januari ini, atau kisaran 40 persen dari 34 provinsi yang ada. Kami berharap 20 provinsi lainnya segera membentuk PW FKAPHI di 2020 ini dalam rangka mendukung, membantu secara nyata pemerintah dalam mensukseskan penyelenggaraan haji.

Baca Juga

 
Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 04:31 12:07 15:30 18:20 19:33

widget->kurs();?>