3 Rajab 1441

Calon Jamaah Haji Diminta Lengkapi Dokumen dan Pelunasan

Selasa , 21 Jan 2020, 13:46 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Hafil
Calon Jamaah Haji Diminta Lengkapi Dokumen dan Pelunasan. Foto: Sejumlah warga melakukan pendaftaran untuk berangkat haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag).
Calon Jamaah Haji Diminta Lengkapi Dokumen dan Pelunasan. Foto: Sejumlah warga melakukan pendaftaran untuk berangkat haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat Efrizal mengimbau seluruh jamaah calon haji asal Sumatra Barat agar segera menyiapkan dokumen keberangkatan seperti paspor dan lainl-lain sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke tanah suci. Menurut Efrizal, dokumen sangat penting buat kelancaran persiapan administrasi para jamaah calon haji.

“Pertama yang harus dipersiapkan tentu paspor. Kemudian jamaah juga harus segera siapkan pelunasan agar tidak menjadi masalah di kemudian hari,” kata Efrizal kepada Republika.co.id, Selasa (21/1).

Efrizal menambahkan saat ini di masing-masing kelompok bimbingan calon haji sudah dimulai tahap manasik, persiapan tes kesehatan dan beberapa pembekalan buat jamaah calon haji. Kelompok bimbingan ini menurut Efrizal berada di masing-masing kabupaten dan kota di Sumatra Barat.

Efrizal menyebut jumlah jamaah calon haji dari Sumatra Barat buat periode musim haji 2020 ini sebanyak  4.628 orang. Jumlah yang sama dengan jamaah haji asal Sumbar periode 2019 lalu.

Mengenai persiapan kesehatan selain harus berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan masing-masing kabupaten kota, menurut Efrizal, setiap individu jamaah juga harus aktif. Misalnya kata Efrizal, jamaah harus rutin berolah raga, mengonsumsi makanan yang sehat dan rutin memeriksakan diri bila mengidap penyakit yang berpotensi mengganggu pelaksanaan ibadah haji nanti.

“Nanti pemeriksaan kesehatan di masing-masing kabupaten kota ada,” ucap Efrizal.
 

Baca Juga

 
Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:42 04:42 12:08 15:14 18:16 19:25