17 Zulqaidah 1441

Jameel Prize Tunjukkan Pengaruh Islam di Desain Kontemporer

Selasa , 24 Mar 2020, 18:42 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi arsitektur masjid dengan desain kontemporer
Ilustrasi arsitektur masjid dengan desain kontemporer

REPUBLIKA.CO.ID,DUBAI -- Penghargaan Jameel Prize yang tersohor, diluncurkan oleh Museum Victoria & Albert London dan Art Jameel pada 2009 untuk mengenali pengaruh tradisi Islam pada budaya kontemporer, sedang digembar-gemborkan di era baru ini. Tahun ini, Jameel Prize yang menandai edisi keenamnya, akan didedikasikan untuk desain kontemporer.

Jameel Prize ini terus berevolusi sepanjang sejarahnya, menyoroti berbagai disiplin kreatif, termasuk arsitektur, film, patung dan mode, serta sejarah berbagai wilayah dari seluruh Timur Tengah, Afrika Utara, dan kawasan Asia Selatan. Sebelumnya hanya penghargaan lintas bidang untuk berbagai media, kemudian edisi Jameel Prize berikutnya untuk yang pertama kali akan berpusat pada satu disiplin ilmu.

Mengapa fokus pada desain Islami? The Jameel Prize ke-6 ingin semakin memperkuat minat dunia desain dari sudut pandang seni rupa.

"Terlepas dari tradisi kerajinan yang mendalam dan pertumbuhan baru-baru ini dari desain Timur Tengah dan Asia, desain kontemporer yang terinspirasi oleh tradisi Islam masih belum mendapat sorotan," kata Art Jameel dalam sebuah pernyataannya seperti dikutip dari Arab News, Selasa (24/3).

"Penghargaan edisi keenam memperbesar satu disiplin - desain kontemporer - sambil memperbesar ruang lingkup untuk memasukkan panggilan terbuka, memungkinkan praktisi dari seluruh dunia untuk menerapkan," kata Direktur Seni Jameel Antonia Carver.

Yang penting, bagaimana seseorang mendefinisikan apa yang merupakan desain? Pendaftaran, yang dibuka pada 18 Maret dan berjalan hingga 31 Mei 2020, menyambut para praktisi dari berbagai disiplin ilmu, termasuk perhiasan, produk, web, grafik, mode, desain spekulatif, tipografi, kerajinan, arsitektur, dan seni terapan.

Pameran Jameel Prize ke 6 akan dibuka di V&A di London selama musim panas 2021, dikuratori oleh Kurator Jameel Seni Kontemporer V&A dari Timur Tengah Rachel Dedman, bekerja sama dengan Kurator Senior Tim Stanley.

"Kami pikir pameran Jameel Prize 6 akan menjadi pertunjukan terbesar hingga saat ini, di mana pun di dunia, dari desain kontemporer inovatif yang terinspirasi oleh tradisi Islam," tambah Carver.

"Penghargaan ini mengingatkan kita akan pengaruh abadi dari zaman besar seni dan desain Islam pada karya kreatif masa kini," kata Carver.

 

BERITA TERKAIT

 

widget->kurs();?>