15 Syawwal 1441

Macam-Macam Buah Kurma dan Asalnya (Bagian 3)

Rabu , 01 Apr 2020, 19:13 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Macam-Macam Buah Kurma dan Asalnya (ilustrasi)
Macam-Macam Buah Kurma dan Asalnya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Buah kurma memiliki berbagai jenis tingkat kematangan. Pertama tahap kimri atau kurma muda, kemudian tahap khalal atau kurma penuh, tahap rutab yakni kurma sudah matang dan lembut, dan terakhir tahap tamar yaitu kurma matang yang dikeringkan dengan bantuan sinar matahari.

Baca Juga

20. Kurma Rothana dari Madinah. Kurma ini berbentuk bulat dan berwarna agak cokelat muda, manisnya terasa ringan dengan daging buah yang kering dan lembut.

Karakter buah berbentuk ellipsoid pada fase khalal berwarna kuning lemon dan berubah menjadi warna Amber dibagian ujung pada fase rutab. Pada fase Tamar berwarna coklat kemerahan dengan putih keperakan dibagian pangkal. Daging buah tebal, berkeriput, dan buah berserat.

21. Kurma Shaqra berasal dari Saudi Arabia. Karakter buah pada fase khalal berwarna kuning dihiasi banyak titik merah. Pada fase rutab lebih kemerahan pada bagian pangkal dan bagian ujung berubah coklat. Pada fase tamar berwarna coklat kemerahan dengan kulit buah berkeriput, tebal dan mudah terlepas. Daging buah tebal keras dan berserat.

22. Kurma Reziz dari wilayah Timur Arab Saudi. Karakter buah berbentuk ellipsoid atau oval. Pada fase khalal berwarna merah. Pada fase rutab berubah berwarna Amber dibagian ujung dan dibagian basal lebih merah. Pada fase Tamar berwarna Amber, dengan kulit buah tebal dan berkeriput. Daging buah lembut dengan cita rasa manis ringan.

23. Kurma Sehel dari Al-Qassim, Saudi Arabia. Karakter buah  berbentuk ellipsoid. Pada fase khalal berwarna kuning kehijauhan dan berubah merah muda cerah pada fase rutab. Pada fase Tamar berwarna coklat gelap dengan kulit buah berkeriput kasar. Daging buah berserat.

24. Kurma Sillej dari Al-Qassim, Saudi Arabia. Karakter buah berbentuk oval memanjang. Pada fase khalal berwarna kekuningan dengan semburat merah muda, berubah ke Amber dari ujung buah pada fase rutab. Pada fase Tamar coklat kemerahan, dengan kulit buah kenyal dan berkeriput. Daging buah bertekstur lembut dengan rasa manis sedang.

25. Kurma Sugel dari wilayah pusat Saudi Arabia. Karakter buah berbentuk oval dan ukurannya tidak terlalu besar. Pada fase khalal berwarna kuning, lalu berubah warna Amber di bagian ujung. Pada fase Tamar berwarna coklat-kemerahan transparan dengan kulit buah berkerut, tidak mudah lepas dari daging buah. Daging buah agak keras dan berserat. Rasa manisnya sedang. 

26. Kurma Sheshi dari wilayah Timur Arab Saudi. Karakter buah berbentuk kerucut. Pada fase khalal berwarna kuning kehijauan lalu berubah kuning lemon pada fase rutab. Pada fase Tamar berwarna coklat keemasan mengkilap dengan warna keabuan dibagian pangkal buah. Kulit buah berkerut. Daging buah sangat halus, agak manis dan kenyal.

27. Kurma Tamesrit dari Aljazair. Pohon kurma ini memiliki cabang yang oendek dan panen pada September. Karakter buahnya berbentuk panjang dengan daging buah lunak.

28. Kurma Wannanah dari Al-Qassim, Saudi Arabia. Kurma ini yang biasa dibuat sebagai jus kurma.

Karakter buahnya berbentuk kerucut panjang, berkulit gelap dan keriput serta dagingnya terasa lembut dan tidak terlalu manis. Pada fase khalal berwarna kuning dengan bercak merah. Pada fase rutab dibagian ujung berwarna hitam. Fase Tamar berwarna hitam dengan kulit buah berkeriputdan mudah terlepas. Daging buah sangat lembut, dan hampir tak berserat.

29. Kurma Sukkary-hamrah dari Al-Qassim, Saudi Arabia. Kurma ini populer di kalangan masyarakat Arab dan sikenal sebagai kurma raja.

Karakter buahnya berbentuk kerucut dan bertekstur keras. Pada fase khalal berwarna merah kekuningan lalu berubah coklat kemerahan dari bagian ujung pada fase rutab. Pada fase Tamar berwarna coklat kemerahan dengan warna keperakan dibagian pangkal dan kulit buah berkeriput. Daging buah sangat manis dan berserat.

 

widget->kurs();?>