15 Syawwal 1441

Mengenal Madu Arab (Bagian 1)

Jumat , 03 Apr 2020, 15:26 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Mengenal Madu Arab (Ilustrasi)
Mengenal Madu Arab (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Madu merupakan salah satu cairan alamiah yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga, dengan rasa manis serta banyak manfaat yang selama ini dikenal oleh masyarakat dunia. Seperti dicatat dalam berbagai teks agama, naskah kuno, bahkan ukiran dari zaman batu, madu telah dianggap sebagai obat ajaib sepanjang sejarah. 

Baca Juga

Dilansir The National, madu telah menjadi bagian dari banyak peradaban di dunia. Termasuk dari bangsa Sumeria ke kerajaan Yunani, Romawi dan Cina, di mana mitos tentang ramuan madu yang memberikan keabadian terlahir.

Di Mesir kuno, madu dicari karena sifat-sifatnya yang mempercantik dan digunakan oleh salah satu pemimpin negara yang paling terkenal, Ratu Cleopatra. Ribuan tahun kemudian, permintaan madu sebagai kuratif, pemanis alami, kecantikan dan agen antibakteri terus meningkat.

Dikutip dari Gema Suara Lebah, buku karya penulis Gilang Fajar, lebah mencari madu, kemudian mengolah di dalam perutnya. Selanjutya, keluarlah cairan ini dengan bermacam-macam warna yang berguna sebagai obat bagi orang yang sakit. 

Dikutip dari buku berjudul Madu dan Khasiatnya: Suplemen Sehat tanpa Efek Samping karya Faisal M Sakri, ada beberapa khasiat yang dikenal dari madu. Pertama adalah sebagai pengganti gula. karena rasa manis yang dihasilkan, serta lebih sehat. Kedua, madu mudah dicerna, walau memiliki kandungan asam yang tinggi, bahkan perut yang paling sensitif sekalipun karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain, misalnya fruktosa menjadi glukosa. 

Ketiga, madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral yang ada di dalam cairan ini tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C, kalsium, dan zat besi. 

Keempat, madu mengandung nutraceuticals yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh manusia, sehingga dapat meminimalisir pengaruh buruk radikal bebas. Kandungan antioksidan juga memberi manfaat untuk kesehatan kulit, bahkan ada antioksidan yang dikenal sebagai pinocembrin, yang hanya ditemukan pada madu dan manfaatnya membuat tubuh lebih sehat dan awet muda.

 

 

widget->kurs();?>