Selasa 28 Apr 2020 15:12 WIB

Imam Masjid Al-Haram Ikut Bersihkan dan Sterilkan Ka'bah

Area Mataf dan seluruh pintu masuk Masjid Al-Haram disterilkan tujuh kali sehari.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Imam Masjidil Haram Ikut Bersihkan dan Sterilkan Ka'bah. Foto petugas kebersihan membersihkan area Masjidil Haram, Mekkah, Selasa (3/3).
Foto: Ganoo Essa/Reuters
Imam Masjidil Haram Ikut Bersihkan dan Sterilkan Ka'bah. Foto petugas kebersihan membersihkan area Masjidil Haram, Mekkah, Selasa (3/3).

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Presiden dari Presidensi Umum Dua Masjid Suci yang juga imam Masjid Al-Haram di Makkah, Dr. Abdulrahman Al-Sudais, ikut turun tangan bersama para pekerja untuk membersihkan Masjid Al-Haram. Kemarin Senin (27/4), Al-Sudais ikut mencuci dan mensterilkan Ka'bah serta Maqam Ibrahim sebelum adzan shalat Isya berlangsung.

Dilansir di Arab News, Selasa (28/4), pembersihan ini merupakan salah satu dari sejumlah operasi yang diselenggarakan oleh Presidensi Umum, yang juga mencakup pemeliharaan Hajar Aswad dan kain Kiswa. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi dan instruksi dari otoritas kesehatan, di mana masjid perlu menerapkan serangkaian tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk, di antaranya menjaga jarak yang aman antara jamaah.

Selama bulan Ramadhan ini, dua masjid suci di Makkah dan Madinah ditutup dari pengunjung dan jamaah. Sehingga, kegiatan shalat tarawih di masjid tersebut hanya dilakukan oleh pengurus kedua masjid.

Namun, sejumlah pekerja tetap bekerja untuk membersihkan dan melakukan sterilisasi bangunan Kabah dan sekitarnya di Masjid Al-Haram. Bahkan sejak pandemi virus corona pada Maret lalu, area Mataf dan seluruh pintu masuk Masjid Al-Haram disterilkan tujuh kali sehari. Proses sterilisasi ini dikerjakan secara bergiliran oleh 330 pekerja dengan 10 mesin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement