Ahad 10 May 2020 05:25 WIB

Alumni Petugas Haji Jemput Bola Beri Manasik Jamaah Lansia

Program bimbingan manasik akan dilakukan sepanjang tahun ini.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Alumni Petugas Haji Jemput Bola Beri Manasik Jamaah Lansia. Ilustrasi manasik haji.
Foto: Antara/Seno
Alumni Petugas Haji Jemput Bola Beri Manasik Jamaah Lansia. Ilustrasi manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada yang berbeda kali ini dalam memberikan bimbingan manasik (bimsik) kepada jamaah haji khususnya mereka yang tengah lanjut usia (lansia).

Biasanya, jamaah haji yang mengikuti bimsik akan mendatangi tempat pelakasanaan bimsik yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) ataupun di Kantor Kemenag setempat. Namun, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), khusus jamaah haji lansia, mereka tidak perlu melakukan hal tersebut.

Kementerian Agama dan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) bekerja sama akan menjemput bola dengan mendatangi mereka secara pribadi.

“Khusus jamaah lansia, kita yang akan datangi mereka secara pribadi. Nanti ada petugas pembimbing dari Kemenag dan Alumni Petugas Haji,” kata Pembina Pengurus Wilayah FKAPHI NTT, Husein Anwar, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Ahad (10/5).

Menurut Anwar, ini merupakan langkah tepat dalam upaya memberikan bimsik kepada jamaah haji khususnya jemaah haji lansia di NTT. Nantinya, para petugas pembimbing secara bergantian akan memberikan manasik.

Ia berharap, seluruh jamaah haji NTT tidak ada yang tidak mendapat bimbingan manasik haji. Kepada para pembimbing, ia mengimbau untuk menggunakan buku panduan bimbingan manasik resmi yang dikeluarkan Kemenag.

“Kita ingin seluruh jemaah haji mendapatkan bimbingan manasik,” kata dia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kemenag dan FKAPHI pun bersinergi dalam mensukseskan program bimbingan manasik sepanjang tahun yang digagas Kemenag. Program bimbingan manasik akan dilakukan sepanjang tahun ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement