Jumat 29 May 2020 09:42 WIB

Astronom Amati Komet Raksasa Menuju Bumi

Komet diperkirakan bisa dilihat pada 2022.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Komet ATLAS saat melintas pada Desember 2018.
Foto: space.com
Komet ATLAS saat melintas pada Desember 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, Komet Raksasa akan Melintasi Bumi pada 2022 (DWI)

WASHINGTON -- Tahun ini mungkin bukan tahun yang baik untuk menonton komet melintasi bumi. Komet Atlas dan Komet Swan terbang melalui tata surya bagian dalam tanpa menampilkan pertunjukan spektakuler yang banyak orang harapkan.

Baca Juga

Namun, beberapa astronom mengawasi komet raksasa yang menuju ke arah kita sekarang yang akan terlihat pada 2022. Komet C / 2017 K2 pertama kali terlihat pada 2017 dan difoto oleh Hubble Space Telescope. Komet ini menjadi berita utama pada saat itu karena komet itu adalah yang terjauh dari matahari yang pernah dilihat dengan ekornya yang megah.

"Pengamatan ini mewakili tanda-tanda awal aktivitas yang pernah dilihat dari sebuah komet memasuki zona planet tata surya untuk pertama kalinya," kata NASA dilansir di CNET, Jumat (29/5).

Tiga tahun kemudian, Komet K2 masih menuju arah kita, dalam perjalanan menuju pertemuan dekat dengan matahari pada Desember 2022. Astronom Con Stoitsis mengamati komet itu pada tanggal 23 dan 24 Mei dan menggambarkannya sebagai "raksasa" dan "sangat aktif dan cerah" meskipun masih hampir 1,5 miliar kilometer dari matahari.

Beberapa perbandingan telah dibuat dengan komet raksasa Hale-Bopp, yang terbang pada tahun 1997. Komet itu dianggap sebagai salah satu komet paling terang dan banyak diamati pada zaman modern. Namun, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah K2 benar-benar memiliki ukuran yang sama atau apakah akan bersinar seterang Hale-Bopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement