Jumat 29 May 2020 17:45 WIB

Real Madrid Klub Paling Berharga di Eropa

Raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid masih menjadi klub paling berharga di Eropa.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
selebrasi pemain real madrid setelah juara Liga Champions 2017
Foto: telegraph
selebrasi pemain real madrid setelah juara Liga Champions 2017

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid masih menjadi klub paling berharga di Eropa berdasarkan laporan perusahaan akuntansi KPMG. Laporan yang diterbitkan pada Kamis (28/5) itu juga menempatkan Manchester United di urutan kedua. Sedangkan pada urutan ketiga dan keempat ditempati Barcelona dan Bayern Muenchen.

Peringkat tersebut atas dasar penilaian terhadap nilai perusahaan melalui metrik yang dibuat dengan menganalisa profitabilitas, popularitas, potensi olahrag, hak siar serta kepemilikan stadion hingga 1 Januari 2020. Namun penilaian tersebut belum termasuk dampak dari pandemi corona.

Baca Juga

"Nilai-nilai klub pasti terpengaruh. Tapi dampak langsungnya belum bisa diukur,” tulis Kepala Olahraga Global KPMKG, Andrea Sartori, dilansir dari aljazeera, Jumat (29/5).

Sedangkan dua klub Jerman, Borussia Dortmund dan Schalke masuk ke dalam urutan 15 besar. Lalu Sembilan klub Liga Inggris dan tujuh tim Spanyol serta enam klub Serie A berada di 32 besar dari daftar laporan tersebut.

Wabah virus corona yang mulai merebak sejak Maret lalu turut menghentikan aktivitas sepakbola hampir seluruh dunia. Ini jelas tak masuk kedalam catatan laporan tersebut. Virus tersebut telah menginfeksi lebih dari 5,7 juta orang dan menewaskan lebih dari 350 ribu orang.

Pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade Tokyo 2020 juga terdampak sehingga harus ditunda pada 2021. Setelah dua bulan lebih liga-liga top Eropa berhenti, Bundesliga sudah mulai kembali digelar dengan protokol yang ketat.

Klub-klub sepakbola mengalami masalah keuangan sejak kompetisi dihentikan. Tak ada pemasukan dan disaat yang sama mereka harus membayar gaji pemain dan para karyawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement