Kamis 04 Jun 2020 13:55 WIB

Jokowi Targetkan Indonesia Temukan Vaksin Covid Akhir Tahun

Jokowi menargetkan, Indonesia bisa memproduksi vaksin sendiri pada akhir tahun ini.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK), Profesor Muhadjir Effendy
Foto: dok. Humas UMM
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK), Profesor Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar Indonesia bisa mandiri menciptakan vaksin Covid-19. Jokowi menargetkan, Indonesia bisa memproduksi vaksin sendiri pada akhir tahun ini.

“Terkait vaksin, Indonesia harus mandiri. Target Indonesia sudah bisa ikut memproduksi pada akhir tahun ini,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat konferensi pers usai rapat terbatas, Kamis (4/6).

Presiden pun menginstruksikan agar para tim peneliti segera bergerak menemukan vaksin Covid-19 yang dapat digunakan untuk kebutuhan dalam negeri. Sebab, meskipun ratusan negara lainnya kini juga tengah berlomba-lomba menemukan vaksin, namun vaksin-vaksin tersebut nantinya juga akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri mereka sendiri.

“Jadi tadi Presiden juga sudah menginstruksikan supaya kita segera, tim peneliti kita bergerak untuk mencari atau segera menemukan vaksin yang nanti bisa digunakan untuk Indonesia sendiri,” jelas Muhadjir.

Muhadjir melanjutkan, menurut Presiden, pemerintah tidak bisa mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri. Karena itu, Presiden meminta agar para peneliti mempersiapkan diri melakukan riset untuk menemukan vaksin. 

“Kita punya 270 juta yang itu juga mau tidak mau, tidak mungkin kita hanya mengandalkan impor, tapi kita juga harus siap-siap untuk melakukan riset tentang vaksin untuk Indonesia sendiri,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement