Ahad 07 Jun 2020 01:05 WIB

Toyota Siapkan Layanan Transportasi Spesimen Pasien Corona

Toyota menyediakan 4 Avanza yang terhubung dengan Puskesmas di Jakarta Utara.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Toyota menyiapkan solusi mobilitas dalam membawa spesimen pasien covid-19 menuju laboratorium pengujian.
Foto: dok. Toyota
Toyota menyiapkan solusi mobilitas dalam membawa spesimen pasien covid-19 menuju laboratorium pengujian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toyota Indonesia membantu menyiapkan solusi mobilitas dalam membawa spesimen pasien covid-19 menuju laboratorium pengujian. President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan, lewat kerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF), Toyota Indonesia telah menyediakan empat kendaraan Avanza yang terhubung dan disanitasi untuk empat puskesmas yang berlokasi di Jakarta Utara.

Empat Puskesmas itu yaitu di daerah Cilincing, Koja, Pademangan dan Penjaringan serta 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerah Tanjung Priok dan Bekasi. “Layanan ini akan membantu antar jemput petugas medis dalam mengantar spesimen pasien menuju laboratorium pengujian,” kata Susumu Matsuda dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Sabtu (6/6).

Baca Juga

Ia berharap, kerja sama dengan TMF ini dapat mendukung pekerjaan tenaga medis secara efektif ketika mereka berjuang melawan pandemi. Agar layanan ini dapat bekerja secara efisien, Toyota juga menyediakan sistem berbentuk aplikasi "On-Demand" dengan opsi untuk melakukan pre-booking pada.

Sistem ini akan memudahkan tenaga medis dalam melakukan pemesanan layanan antar jemput serta mendapat rekomendasi rute yang efektif dan efisien yang dihasilkan oleh aplikasi berdasarkan lokasi dan waktu penjemputan penumpang.

Dalam pelaksanaannya saat pengantaran spesimen pasien, baik kendaraan dan penumpang maupun driver telah diberikan standar operasional untuk memastikan layanan berlangsung secara aman dan memperhatikan protokol kesehatan.

Sejumlah protokol itu diantaranya adalah penggunaan pelindung diri, penyediaan hand sanitizer. Selanjutnya, melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan secara rutin, menyediakan air purifier pada kendaraan, menyediakan separator di dalam kendaraan, melapisi bagian tempat duduk dan menerapkan physical distancing serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Vice President Director PTToyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, sejalan dengan core perusahaan Toyota sebagai Mobility Company, Toyota berharap layanan ini dapat mengurangi semua hambatan mobilitas dan membantu meningkatkan kinerja para tenaga medis.

“Kegiatan pun sekaligus melengkapi solusi mobilitas yang sudah dilakukan sebelumnya sehingga mobilitas para pekerja medis dapat berjalan lancar. Solusi lain yang telah dihadirkan sebelumnya diantaranya seperti menyiapkan Toyota Dyna yang menjadi kendaraan sanitasi, Ambulance Kijang Innova, dan menyiapkan total 68 unit kendaraan untuk mobilitas tenaga medis di beberapa daerah di Indonesia,” kaya Henry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement