Ahad 07 Jun 2020 02:47 WIB

WHO Ungkap Kriteria Masker Kain Ideal untuk Cegah Covid-19

WHO merekomendasikan bahwa masker kain harus terdiri dari tiga lapis material yang be

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Agus Yulianto
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus
Foto: EPA
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA -- Masyarakat biasa dianjurkan untuk menggunakan masker kain saat beraktivitas di luar ruangan selama pandemi Covid-19. Ada kriteria yang harus dipenuhi agar masker kain dapat memberikan perlindungan optimal bagi penggunanya.

Kriteria ideal masker kain ini diungkapkan dalam panduan baru yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kriteria ini disusun berdasarkan penelitian terbaru.

"WHO merekomendasikan bahwa masker kain harus terdiri dari tiga lapis material yang berbeda," ungkap Direktur Jendral WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir dari laman resmi WHO.

Tiga lapisan ini terdiri dari satu lapisan pada bagian dalam masker, satu lapisan pada bagian tengah masker dan satu lapisan pada bagian luar masker. Lapisan pada bagian dalam masker dianjurkan terbuat dari bahan yang memiliki kemampuan menyerap air seperti kain katun. Dengan begitu, bagian dalam masker ini bisa menyerap droplet yang keluar dari pengguna masker.

Lapisan tengah masker disarankan terbuat dari bahan non-woven seperti polypropylene. Dengan begitu, lapisan tengah masker ini bisa berperan sebagai penyaring.

Lapisan luar dari masker dianjurkan terbuat dari bahan yang tidak menyerap air seperti poliester. Dengan begitu, lapisan luar masker ini dapat mencegah partikel-partikel dari luar untuk masuk melewati masker.

Bila hal ini tidak memungkinkan, WHO menganjurkan agar masyarakat setidaknya menggunakan masker kain yang terdiri dari beberapa lapis. Selain itu, WHO juga tidak menganjurkan penggunaan kain elastis karena tidak bisa menyaring dengan baik dan tidak bisa dicuci di air panas.

Seperti diketahui, WHO menganjurkan agar masker kain dicuci secara rutin dengan menggunakan air panas dan sabun atau deterjen.

Dalam panduan terbaru, WHO juga menganjurkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker kain khususnya bila praktik jaga jarak minimal 1 meter tak bisa dilakukan. Anjuran ini tak hanya ditujukan untuk masyarakat yang menunjukkan gejala Covid-19, tetapi juga masyarakat yang tidak mengalami gejala Covid-19.

"Pemerintah harus mendorong masyarakat untuk menggunakan masker ketika ada transmisi menyebar luas dan jaga jarak fisik sulit dilakukan, misalnya di transportasi umum atau di toko-toko," tukas Ghebreyesus, seperti dilansir Time

 

Sumber:

https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---5-june-2020

https://time.com/5849010/masks-who/

sumber : Time
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement