10 Perbuatan Sederhana Berpahala Setara Ibadah Haji

Rabu , 22 Jul 2020, 05:13 WIB Reporter :Eva Rianti/ Redaktur : Ani Nursalikah
10 Perbuatan Sederhana Berpahala Setara Ibadah Haji
10 Perbuatan Sederhana Berpahala Setara Ibadah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak diragukan lagi, tidak ada perbuatan yang sebenarnya setara dengan ritual haji yang suci dan sakral, juga tidak akan memberikan hati Anda tingkat kepuasan spiritual yang sama dengan haji. Namun, Allah sesungguhnya Maha Penyayang dan Maha Pemurah. Berikut 10 tindakan mudah yang dapat Anda lakukan untuk mendapat imbalan seperti yang diperoleh oleh Muslim yang bertandang ke Makkah menjalankan ibadah haji, dilansir di About Islam.

 

Terkait

Memohon kepada Allah dari subuh hingga isya

Baca Juga

Rasulullah (SAW) bersabda, “Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia tetap duduk sambil berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit dan kemudian sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umroh”, beliau menekankan kata ‘sempurna’ tiga kali.

Menuntut ilmu

Nabi Muhammad SAW berkata, "Orang yang pergi ke masjid hanya ingin belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji lengkap."

Sholat berjamaah

Nabi Muhammad (SAW) bersabda, "Tidakkah Allah memberikan kepadamu (pahala) sholat Isya berjamaah sama dengan ibadah haji, dan sholat subuh berjamaah sama dengan umrah?" (HR Muslim) 

Menghadiri sholat Jumat 

Sa'id bin al-Musayyib mengatakan melaksanakan sholat Jumat adalah “lebih disukai bagi-Ku (Allah SWT) daripada haji nafl”.

Mendirikan sholat Id

Salah satu sahabat berkata, "Pergi sholat Idul Fitri sama dengan melaksanakan umroh dan pergi sholat Idul Adha sama dengan melakukan haji”. 

Memenuhi kebutuhan sesama Muslim

Hasan al-Basri berkata, "Pergi memenuhi kebutuhan sesama muslim lebih baik bagimu daripada ibadah haji yang kedua kali (dilakukan berkali-kali)." 

Taat pada orang tua

Nabi memerintahkan salah satu sahabat berbuat baik kepada ibunya. Beliau berkata, "Anda seperti seorang jamaah haji, seseorang yang melakukan umrah, dan seseorang yang berjuang demi Allah (mujahid)."

Dzikir

Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW mengabarkan, "Dia yang membaca Subhanallah 100 kali di pagi hari dan 100 kali lagi di malam hari adalah seperti orang yang melakukan haji 100 kali!" 

Menahan diri dengan tegas dari tindakan terlarang

Beberapa orang saleh mengatakan, “Menjauhkan diri dari kesalahan sedikit lebih baik dari lima ratus (nafl) haji”. 

Perbuatan baik selama 10 hari pertama Dzulhijjah

Semoga Allah memberi kita kemampuan melakukan semua perbuatan baik ini dan ibadah haji yang berkali-kali, insya Allah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini