Ahad 26 Jul 2020 18:41 WIB

Manfaat Kunyit Sebagai Masker Wajah

Kunyit bisa melindungi kulit dari kerusakan yang timbul akibat radikal bebas.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Kunyit bisa melindungi kulit dari kerusakan yang timbul akibat radikal bebas (Foto: ilustrasi kunyit)
Foto: Flickr
Kunyit bisa melindungi kulit dari kerusakan yang timbul akibat radikal bebas (Foto: ilustrasi kunyit)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masker wajah merupakan kebutuhan bagi sebagian perempuan guna mempercantik diri. Ada berbagai merek masker wajah di pasaran. Namun alangkah baiknya membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami, salah satunya kunyit.

Kunyit diketahui sebagai kompenen medis selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan modern pun telah mengkaji berbagai manfaat kunyit, salah satunya anti peradangan. Selain itu, kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Baca Juga

Tak salah jika kunyit akhirnya bertujuan melindungi kulit dari kerusakan yang timbul oleh radikal bebas. Kulit juga terlihat lebih cerah dan bertekstur bagus seiring makin sering pemakaiannya.

Ada sejumlah cara membuat makser wajah dari kunyit. Misalnya, dengan menambahkan yogurt.

"Mencampur kunyit dengan yogurt sebagai masker dasar memberi tekstur bagus. Yogurt juga banyak mengandung probiotik untuk keseimbangan kulit," kata peneliti kecantikan dari klinik Naked, Poppy, dilansir dari mindbodygreen pada Ahad (26/7).

Dalam membuat masker, tak perlu kunyit terlalu banyak. Anda hanya butuh seperdelapan hingga setengah sendok teh kunyit saja. Tujuannya mengindari kandungan yang terlalu banyak pada kulit wajah.

Kombinasi sederhananya ialah campurkan setengah cangkir yogurt dengan seperempat sendok teh kunyit. Lalu olehkan ke kulit secara merata. Biarkan selama 10-20 menit sebelum dibilas air hangat.

Selain resep dasar di atas, ada sejumlah pengembangan resep masker kunyit. Diantaranya menggunakan lidah buaya, madu atau cuka apel. Ketiga bahan di atas punya manfaat luar biasa bagi kulit. Campurkan sedikit masing-masing bahan itu pada bahan dasar masker kunyit anda.

Terakhir, patut diingat masker alami ini punya reaksi berbeda bagi tiap orang. Sebagian kulit orang mungkin alergi dengan rempah alami khususnya yang berjenis kulit sensitif. Lakukanlah percobaan sedikit demi sedikit agar mengetahui hasil maksimalnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement