Kamis 30 Jul 2020 11:05 WIB

Sejarah Pengelolaan Ka'bah dari Masa ke Masa

Sejarah Pengelolaan Ka'bah dari Masa ke Masa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Sejarah Pengelolaan Ka'bah dari Masa ke Masa. Foto ilustrasi: Penggantian kiswah Ka
Foto: Alarabiya.net
Sejarah Pengelolaan Ka'bah dari Masa ke Masa. Foto ilustrasi: Penggantian kiswah Ka

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Lebih dari 150 teknisi dan produsen telah mengganti kiswah (kain penutup) Ka'bah, pada Rabu (29/7). Ritual penggantian kiswah kerap dilakukan, begitupun dengan pengelolaan Ka'bah dari masa ke masa. 

Dilansir di Arab News, Kamis (30/7), pada pergantian kiswah Ka'bah itu, Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al-Faisal, atas nama Raja Salman, menyerahkan Ka'bah Kiswa pekan lalu kepada pengurus senior Ka'bah, Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi.

Baca Juga

Kain kiswah itu diproduksi di Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kiswah Ka'bah di lingkungan Umm Al-Joud di Makkah. Kain itu terbuat dari sutra alami khusus yang dicelup dalam warna hitam. Pakaian itu Setinggi 14 meter.

Pada sepertiga atasnya adalah ikat pinggang yang terdiri dari 16 keping persegi yang dikelilingi oleh kuadrat motif Islam. Sabuk ini lebarnya 95 cm dan panjangnya 47 meter. Kiswah terdiri dari empat bagian, masing-masing menutupi salah satu wajah Ka'bah yang mulia dan kelima tirai ditempatkan di pintunya.

 

Pembuatan gorden adalah proses multi-tahap, karena kain digabungkan dari empat sisi Kiswah. Potongan sabuk dan tirai kemudian ditambahkan sebagai persiapan untuk pemasangannya di atas Ka'bah.

Lebih dari 110 pengelola Ka'bah telah dihormati melalui sejarah dengan penjagaan Masjid Agung. Tradisi berabad-abad telah diturunkan dari generasi ke generasi. Pengasuh telah melindungi warisan historis yang diberikan Allah dan didukung oleh Alquran dan Sunnah.

Pengurus Ka'bah, Bani Shaiba, mendapat kehormatan memegang kunci Ka'bah selama 16 abad. Sebelum Islam, keturunan Qusai bin Kilab bin Murrah merawat Ka'bah, yang keturunannya Bani Shaiba adalah pengasuh saat ini. Mereka adalah orang-orang yang kepadanya Nabi mengembalikan kunci ke Kabah setelah penaklukan Makkah.

Saleh Al-Shaibi, pemegang kunci Ka'bah dan pengurusnya

Merawat Ka'bah adalah profesi lama, yang terdiri dari membuka, menutup, membersihkan, mencuci, membungkus, dan memperbaiki kain ini jika rusak. Cuci Kabah dilakukan dengan Zamzam dan air mawar. Keempat dindingnya diseka dan dicuci dengan air wangi dan doa dilakukan.

"Kakek kami, Qusai bin Kilab, yang juga kakek Nabi, bertanggung jawab atas pemeliharaan Ka'bah, yang menyerahkannya kepada putra sulungnya, Abd Al-Dar, yang pada gilirannya menyerahkannya kepada anak-anaknya," kata salah satu pengasuh Masjid al-Haram,  Anas Al-Shaibi.

Dia menambahkan bahwa sejak awal waktu, pemeliharaan Ka'bah adalah berkat yang diberikan Tuhan sampai hari terakhir. Kunci-kunci Ka'bah disimpan di rumah pengasuh senior.

“Perintah-perintah para ayah kepada anak-anak mereka adalah rasa takut akan Tuhan, selain menjaga prinsip-prinsip besar Islam; kejujuran, kerendahan hati dan menyimpan kunci dalam tas khusus yang terbuat dari sutra hijau dan emas, sambil menggerakkannya untuk membuka Kabah,” kata Al-Shaibi.

Adapun sifat-sifat apa yang membuat pengasuh yang baik, Nizar Al-Shaibi mengatakan pekerjaan itu membutuhkan kepala keluarga yang bertanggung jawab atas pemeliharaan rumah.

Ia harus jujur ​​dan memiliki moral yang baik. Al-Shaibi mengatakan karakter kunci Ka'bah tidak berubah seiring waktu. Dia mengatakan alasan di balik perubahan penampilan kunci adalah kegagalan untuk membuka Ka'bah, di mana itu kemudian diperbaiki atau diganti. Kunci tersebut memiliki penampilan yang unik dan tidak menyerupai kunci normal.

Al-Shaibi mengatakan itu harus berbeda dan mengandung karakter khusus yang unik untuk Ka'bah. Ini juga dirancang dengan cara artistik yang unik sehingga tidak ada seorang pun selain penjaga yang tahu cara menggunakannya.

Mengenai kiswah Ka'bah, Al-Shaibi mengatakan bahwa Raja Yaman Tubba adalah yang pertama kali mengenakannya.

Orang-orang dari seluruh dunia mengunjunginya untuk mendapatkan persetujuan dan hadiahnya. Suku Quraish tidak pernah mengunjungi Raja Tubba. Ketika dia bertanya tentang mereka, dia diberitahu tentang Kabah, jadi dia diam-diam berkuda dengan pasukannya dan merobohkannya.

Al-Shaibi juga mengatakan bahwa selama persiapan tentara raja, dia menderita penyakit parah. Mereka pun mencoba mengobatinya tanpa hasil dan dia diberitahu itu adalah penyakit dari surga.

Seorang pria bijak memberi tahu dia bahwa dia memiliki niat buruk dan menahan diri untuk tidak menindakinya. Ketika dia memutuskan untuk mundur dari rencananya, dia secara ajaib pulih dari penyakit.

Raja Tubba mengirimkan hadiah yang tak terhitung jumlahnya kepada orang-orang Makkah dan merupakan yang pertama untuk menutupi Ka'bah dengan warna berbeda, sampai pendiri Arab Saudi Raja Abdul Aziz mendirikan pabrik Kiswah, di mana kain dikirim ke pengasuh senior setiap tahun.

Mengenai tradisi keluarga dan apakah perselisihan muncul mengenai praktik pengasuhan, Al-Shaibi mengatakan bahwa kepala keluarga adalah orang yang bertanggung jawab atas tugas tersebut. 

Dia menambahkan bahwa keluarganya kompak dan bahwa setiap perbedaan diselesaikan secara internal.

Tuhan memilih keluarga ini untuk menjadi penjaga Masjid Agung 16 abad yang lalu dan tugasnya adalah peran Ilahiah yang telah dipilih keluarga yang diberkati ini. Jumlah pengasuh Ka'bah yang menerima kehormatan merawat Ka'bah adalah 110.

Sebelum pemeliharaan Ka'bah diwariskan melalui keluarga Bani Shaiba selama beberapa generasi hingga saat ini, tugas-tugas pengasuh terdiri dari membuka dan menutup pintu Ka'bah, mengawasi pakaiannya, memelihara apa yang perlu diperbaiki, dibangun atau dirakit, menggunakan dupa, selain untuk mencuci, membersihkan dan menjaga tempat suci Ibrahim.

Sekarang tugas juru kunci dibatasi untuk membuka dan menutup Ka'bah. Al-Shaibi juga dihubungi jika Kabah harus dibuka untuk kunjungan tamu Kerajaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement