Senin 10 Aug 2020 10:41 WIB

Nasib Tragis Lebanon dan Beirut: Dari Era Otoman Hingga Kini

Beirut, Dari Era Otoman Hingga Kini

Beirut, Lebanon.
Foto: google.com
Beirut, Lebanon.

REPUBLIKA.CO.ID --Beginilah Kronologi peristiwa utama yang melanda Beirut dan Lebanon sepenjang masa. Beiut sebenarnya pelabuhan kuno sejak zaman Romawi. Kala itu fungsinya layaknya sebagai kota pelabuhan dagang di Italia, Venizia. Namun yang kita bahas adalah sebatas nasib kota ini semenjak masa Kesultanan Ottoman.

Begini kronologi nasib wilayah itu:

1516-1918 - Lebanon bagian dari Kesulatanan Ottoman.

1920 September - Liga Bangsa-Bangsa memberikan mandat untuk Lebanon dan Suriah kepada Prancis, yang membentuk Negara Lebanon Besar dari provinsi-provinsi Gunung Lebanon, Lebanon utara, Lebanon selatan, dan Bekaa.

1926 Mei - Dewan Perwakilan Lebanon menyetujui konstitusi dan Republik Lebanon bersatu di bawah mandat Prancis diumumkan.

1943 Maret - Dasar-dasar negara ditetapkan dalam Kovenan Nasional tidak tertulis yang menggunakan sensus 1932 untuk mendistribusikan kursi di parlemen dengan rasio enam banding lima untuk mendukung umat Kristen. Ini kemudian diperluas ke kantor publik lainnya. Presiden harus menjadi seorang Kristen Maronit, perdana menteri seorang Muslim Sunni dan Ketua Dewan Perwakilan seorang Muslim Syiah.

Ottoman Beirut, Sous Vendor [1911] | Beirut, Beirut lebanon, Baalbek

Masa Kemerdekaan

1944 - Prancis setuju untuk mengalihkan kekuasaan kepada pemerintah Lebanon pada 1 Januari.

1958 - Dihadapkan dengan meningkatnya oposisi yang berkembang menjadi perang saudara, Presiden Camille Chamoune meminta AS untuk mengirimkan pasukan untuk mempertahankan kemerdekaan Lebanon. AS mengirim marinir.

Juni 1967 - Lebanon tidak memainkan peran aktif dalam perang Arab-Israel tetapi akan terpengaruh setelahnya ketika Palestina menggunakan Lebanon sebagai basis untuk menyerang Israel.

Perang sipil

April 1975 - Orang-orang bersenjata Phalangist menyergap sebuah bus di distrik Ayn-al-Rummanah di Beirut, menewaskan 27 penumpang yang sebagian besar adalah orang Palestina. Para Falangis mengklaim bahwa gerilyawan sebelumnya telah menyerang sebuah gereja di distrik yang sama. Bentrokan ini memulai perang saudara.

Juni 1976 - Pasukan Suriah memasuki Lebanon untuk memulihkan perdamaian, tetapi juga untuk mengekang orang-orang Palestina, ribuan di antaranya tewas dalam pengepungan kamp Tel al-Zaatar oleh milisi Kristen sekutu Suriah di Beirut. Negara-negara Arab menyetujui kehadiran Suriah sebagai Pasukan Penangkal Arab pada bulan Oktober.

1978 - Sebagai pembalasan atas serangan Palestina, Israel melancarkan invasi besar-besaran ke Lebanon selatan. Ia menarik diri dari semua kecuali garis perbatasan yang sempit, yang diserahkan bukan kepada Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL) tetapi kepada wakilnya Tentara Lebanon Selatan yang sebagian besar adalah milisi Kristen.

Israel menyerang

Juni 1982 - Menyusul percobaan pembunuhan duta besar Israel untuk Inggris oleh kelompok pecahan Palestina, Israel melancarkan invasi skala penuh ke Lebanon.

1982 September - Presiden terpilih pro-Israel Bachir Gemayel dibunuh. Israel menduduki Beirut Barat, tempat milisi Falangis membunuh ribuan warga Palestina di kamp Sabra dan Shatila. Kakak laki-laki Bachir, Amine, terpilih sebagai presiden. Sebagian besar pasukan penjaga perdamaian AS, Prancis, dan Italia tiba di Beirut.

BBC NEWS | Middle East | 1982 Lebanon invasion

1983 - Serangan bunuh diri di kedutaan AS menewaskan 63 orang di bulan April, dan satu lagi di bulan Oktober di markas penjaga perdamaian menewaskan 241 tentara AS dan 58 tentara Prancis. Pasukan AS mundur pada tahun 1984.

1985 - Sebagian besar pasukan Israel mundur dari "zona keamanan" SLA di selatan. Dua pemerintah, satu negara.

beauty of Beirut - Review of Pigeon Rocks in Raouche, Beirut ...

1988 - Presiden Amine Gemayel menunjuk pemerintahan militer sementara di bawah Panglima Tertinggi Maronit Michel Aoun di Beirut Timur ketika pemilihan presiden gagal menghasilkan penggantinya. Perdana Menteri Selim el-Hoss membentuk pemerintahan saingan yang mayoritas Muslim di Beirut Barat.

1989 - Parlemen bertemu di Taif, Arab Saudi, untuk mengesahkan Piagam Rekonsiliasi Nasional yang memindahkan sebagian besar kewenangan presiden ke kabinet dan meningkatkan jumlah anggota parlemen Muslim.

Perang saudara berakhir

1990 Oktober - Angkatan udara Suriah menyerang Istana Kepresidenan di Baabda dan Aoun melarikan diri. Ini secara resmi mengakhiri perang saudara.

1991 - Majelis Nasional memerintahkan pembubaran semua milisi, kecuali kelompok Syiah Hizbullah yang kuat. Tentara Lebanon Selatan (SLA) menolak untuk bubar. Tentara Lebanon mengalahkan PLO dan mengambil alih pelabuhan selatan Sidon.

1992 - Setelah pemilu pada Agustus dan September, yang pertama sejak 1972, pengusaha kaya Rafik Hariri menjadi perdana menteri.

War of Brothers - Wikipedia

April 1996 - "Operasi Anggur Kemurkaan", di mana Israel mengebom pangkalan Hizbullah di Lebanon selatan, Beirut selatan dan Lembah Bekaa. Pangkalan PBB di Qana dihantam, menewaskan lebih dari 100 warga sipil terlantar. Israel-Lebanon Monitoring Group, dengan anggota dari AS, Prancis, Israel, Lebanon dan Suriah, bersiap untuk memantau gencatan senjata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement