Senin 31 Aug 2020 19:05 WIB

Pakistan Disebut Segera Bisa Kirim Jamaah Umroh

Putra Mahkota Saudi Muhammad Bin Salman mempertimbangkan Pakistan sebagai rumah kedua

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pakistan Disebut Segera Bisa Kirim Jamaah Umroh. Ilustrasi jamaah haji Pakistan.
Foto: Amr Nabil/AP
Pakistan Disebut Segera Bisa Kirim Jamaah Umroh. Ilustrasi jamaah haji Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD -- Duta Besar Arab Saudi untuk Pakistan Nawaf Bin Said Al- Malki menyatakan kegiatan ibadah umroh dapat segera dilaksanakan kembali. Kerajaan Saudi terlebih dahulu akan menuntaskan langkah pencegahan dan kode etik guna memutus penyebaran covid-19.

Dilansir dari Pakistan Observer pada Senin (31/8), Al-Maliki mengatakan Putra Mahkota Saudi Muhammad Bin Salman mempertimbangkan Pakistan sebagai 'rumah kedua'nya. Hal ini dianggap akan memudahkan perizinan dan keberangkatan jamaah haji Saudi. Hal tersebut disampaikan Al-Maliki dalam pertemuan dengan Menteri Urusan Agama dan Harmoni Lintas Keyakinan Pakistan Sahibzada Noor-ul-Haq Qadri.

Qadri meyakini, hubungan Pakistan -Saudi bakal terus menguat untuk waktu yang akan datang. Kedua negara memang terikat hubungan agama sesama Muslim. Sayangnya, Qadri tak merinci rencana umroh ke depannya bersama Al-Maliki.

Qadri memuji pelaksanaan haji 2020 yang bisa dikatakan sukses kala pandemi Covid-19. Saudi mengklaim tak ada jamaah haji terjangkit Covid-19 berkat ketatnya protokol kesehatan.

 

Sebelumnya, Saudi mengadakan haji secara terbatas tahun ini demi mencegah penularan covid-19. Jika biasanya jamaah haji bisa mencapai 1-2 juta orang per tahunnya, maka tahun ini hanya 1000-10.000 orang karena dibatasi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement