Selasa 01 Sep 2020 09:04 WIB

Kisah Kain Sutra: Swedia Kenal Allah Sejak Zaman Viking

Swedia Kenal Muhammad Sejak Zaman Viking.

Halaman dari akun perjalanan Ibn Fadhlan dan al-Idrisi tentang Rus (Viking) dan gambar Oleg dari Novgorod oleh Viktor Vasnetsov.
Foto: muslimheritage.com
Halaman dari akun perjalanan Ibn Fadhlan dan al-Idrisi tentang Rus (Viking) dan gambar Oleg dari Novgorod oleh Viktor Vasnetsov.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa hari lalu pecah demonstrasi pembakaran Alquran di ibu kota Swedia, Malmo, yang menimbulkan kerusuhan. Ratusan anak muda marah dan mengamuk di jalan-jalan. Namun, pemicunya diduga dari efek sikap polisi Swedia yang melarang kedatangan politisi Denmark yang anti-Islam dan kaum imigran, Ramsus Paludan. Entah mengapa, tiba-tiba ada Alquran yang dibakar oleh kelompok sayap kanan di negara itu.

Namun, apakah benar Islam betul-betul terasing dari negara yang termasuk paling makmur di Eropa itu? Apalagi, ada juga fakta yang mengatakan Islam sudah dikenal sejak zaman Viking yang merupakan penduduk asli yang tinggal di kawasan itu. Tercatat Islamofobia mulai mucul sejak abad ke 16 Masehi di sana.

Fakta bahwa sebenarnya Islam bukan hal asing bagi orang Swedia terdapat dalam sebuah artikel yang ada di laman thelocal.se pada Oktober 2017. Tulisan menarik ini bertajuk 'Why these Viking burial Clothes had insciption to Allah and Ali'.

Mari simak saja tulisan tersebut:

-----------

Peneliti Swedia telah menemukan referensi tentang Allah dan Ali pada sutra tenun dari kuburan Viking kuno. Fakta ini jelas merupakan sebuah penemuan yang memberikan wawasan baru tentang hubungan antara Viking dan dunia Islam.

Kostum sutra ditemukan di kuburan kapal dan kamar, tetapi telah disimpan selama beberapa dekade, diyakini sebagai pakaian pemakaman khas dengan pola Zaman Viking. Jejak sejarah ini ditemukan arkeolog Annika Larsson. Dia melihat peninggalan itu secara langsung.

"Ini adalah penemuan yang sangat penting karena memberi tahu kita bahwa kita tidak dapat melihat periode sejarah ini sebagai 'khas Nordik'," kata Larsson, arkeolog tekstil di Universitas Uppsala, kepada The Local. "Ini menunjukkan kepada kita bahwa Viking berhubungan erat dengan budaya lain, termasuk dengan dunia Islam."

Penelitiannya menunjukkan bahwa pola pada sutra tersebut adalah karakter Kufi, salah satu bentuk aksara Arab. Polanya memanggil Allah - yang namanya tertulis dalam bayangan cermin dan karena itu awalnya sulit untuk diuraikan - dan Ali, sepupu Muhammad dan khalifah keempat Islam.

Sejumlah besar sutra telah ditemukan di kuburan Viking di seluruh Swedia, yang menurut Larsson berasal dari Asia Tengah dan sering kali berisi motif Persia.

Namun, beberapa peneliti telah menyarankan sutra itu menemukan jalannya ke kuburan karena penjarahan dan perdagangan. Dan kehadirannya dapat menyiratkan hubungan yang lebih dalam antara Viking dan dunia Islam. Misalnya, Larsson berpendapat bahwa fakta itu begitu sering digunakan dalam penguburan mungkin menunjukkan bahwa Viking dipengaruhi oleh Alquran, yang menyatakan bahwa penghuni surga memakai sutra.

Ini juga mengungkapkan, karena sutra merupakan pakaian sehari-hari yang memiliki fungsi praktis, pakaian penguburan ini memberikan petunjuk tentang nilai dan kepercayaan yang dianut orang. Larsson mengatakan, bahkan ada kemungkinan bahwa penghuni kuburan adalah Muslim, atau setidaknya sangat dipengaruhi oleh Islam.

"Tentu saja ada hubungan perdagangan. Namun, jika Anda banyak berdagang dalam jangka waktu yang lama, Anda mulai mengambil nilai-nilai budaya," kata peneliti. "Objek bukan hanya benda mati - mereka mewakili sesuatu. Secara khusus saya pikir gagasan dalam Islam tentang kehidupan abadi dan surga sangat menarik bagi mereka. Kami telah menulis sumber yang membuktikan hal itu, dan mungkin saja Viking mengambil gagasan ini dari dunia Islam."

"Kami juga berbicara banyak tentang bagaimana Viking pergi ke Asia untuk berdagang, dan kami tidak pernah berbicara tentang orang-orang yang kembali, tapi mungkin ada Muslim yang datang ke Swedia saat ini," tambahnya.

Sebagai bagian dari proyek yang sama, analisis dilakukan pada penghuni kuburan untuk melihat faktor-faktor seperti asal geografis mereka dan menemukan bagaimana integrasi Viking.

  • Keterangan foto: Naskah cermin bertuliskan 'Allah'. Foto: Annika Larsson

Jadi mengapa peneliti begitu lama salah menafsirkan karakter?

Larsson mengatakan analisis bahwa kain itu asli sutra sebenarnya sudah dilakukan selama Perang Dunia Kedua. "Pada saat itu orang-orang sangat berfokus pada Nordik, dan saya pikir mereka tidak dapat melihat melampaui dunia itu pada saat itu. Setelah itu, para sarjana menerima bahwa para peneliti itu benar, tetapi sekarang saya telah memeriksanya, saya telah bukti bahwa itu tidak benar. Inilah mengapa penting untuk terus menantang penelitian sejarah."

Arkeolog menunjukkan, penelitian tersebut dapat membantu upaya untuk memisahkan Viking dari kelompok nasionalis kulit putih, banyak dari mereka menggunakan tanda dan simbol Viking. Misalnya, palu Thor dan Rune Odal (ᛟ), yang dianggap 'warisannya'. Padahal, kedua benda ini telah digunakan sebagai simbol oleh kelompok rasis. "Ini karena Gerakan Perlawanan Nordik terkait dengan neo-Nazi menggunakan tanda Týr,'' kata Larsson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement