Rabu 02 Sep 2020 11:13 WIB

Api Pembakaran Sampah Picu Kebakaran di Tanjung Barat

Api sampah menyambar tumpukan kayu dan api pun membesar dan membumbung tinggi.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi Kebakaran
Foto: IST
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Akibat pembakaran sampah tidak diawasi, sebidang tanah di tengah pemukiman padat Jalan Swadaya II, Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan terbakar pada Selasa (1/9) malam. Petugas Pemadam Kebakaran Sektor Pasar Minggu, Moch Arief mengatakan api menjalar ke tumpukan kayu yang mudah terbakar.

“Ada yang sedang membakar sampah ditinggal, lalu membesar menyambar tumpukan kayu,” kata Arief ketika dikonfirmasi, Selasa (1/9) malam.

Setelah menyambar tumpukan kayu, api membesar dan membumbung tinggi. Sebelumnya warga mencoba untuk memadamkan api, namun tidak berhasil.

Arief menjelaskan, meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, api yang semakin membesar sempat membuat warga panik. Sebab, tanah seluas 2 x 15 meter milik seseorang bernama Mpok Yati itu terletak di tengah-tengah pemukiman warga yang padat.

Sehingga kemudian warga melapor ke Kantor Pemadam Kebakaran Sektor Pasar Minggu. “Warga panik lalu mencoba memadamkan agar tidak menyambar ke rumah sebelahnya,” tutur Arief.

Sebanyak 16 personel pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Bersama dengan tiga unit mobil pompa dan dua unit penunjang. Arief mengatakan, pemadaman memerlukan waktu sekitar 30 menit. Api akhirnya berhasil dikendalikan pada pukul 19.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement