Rabu 09 Sep 2020 17:25 WIB

Apa yang Membedakan Orang Ceko dan Slowakia pada Muslim?

Derita Mulim di Republik Ceko

Muslim merupakan populasi yang kecil di Republik Ceko.
Foto: Aljazeera.com
Muslim merupakan populasi yang kecil di Republik Ceko.

REPUBLIKA.CO.ID,-- Selama bertahun-tahun, Jaromir Balda menjalani kehidupan yang kebanyakan tenang di Republik Ceko bagian utara. Tetapi didorong oleh laporan berita dan politisi yang melontarkan kecaman anti-imigran di televisi, pria berusia 72 tahun itu mengembangkan pandangan politik yang blak-blakan. Balda mulai mendukung Gerakan Demokrasi Langsung dan Kebebasan sayap kanan, dan para tetangga melihatnya berkeliling dengan poster politikus anti-imigran di jendela mobilnya.

Segalanya menjadi lebih buruk. Dua kali pada musim panas 2017, Balda menebang pohon di jalur kereta api dekat Praha. Dia meninggalkan catatan bertuliskan "Allahu Akbar" - "Tuhan maha besar" dalam bahasa Arab - dalam upaya ceroboh untuk menyalahkan para imigran Muslim. Kedua kali kereta menabrak pepohonan, meski tidak ada yang terluka. Tahun lalu, dia dijatuhi hukuman empat tahun penjara, orang Ceko pertama yang dihukum atas tuduhan terorisme.

Seperti dikutip dari tulisan karya Stephen Starr dalam ozy.com, Republik Ceko dan Slovakia adalah satu negara selama tiga perempat abad, 46 tahun di antaranya terkunci di balik 'Tirai Besi' Komunis. Bahasa, tradisi, dan sejarah mereka saling terkait erat. Tetapi dalam hal sikap terhadap Muslim, Ceko dan Slovakia memiliki pandangan yang sangat berbeda.

Republik Ceko adalah negara paling tidak bersahabat di Eropa bagi umat Islam, sedangkan Slowakia hampir paling ramah di Eropa Timur.

Jajak pendapat Pew Research yang dilakukan di 34 negara Eropa antara 2015 dan 2017, pada puncak krisis migran Eropa, menemukan bahwa hanya 12 persen orang Ceko yang mengatakan bahwa mereka akan menerima Muslim sebagai anggota keluarga mereka. Itu dan survei lainnya menunjukkan bahwa Ceko jauh lebih memusuhi Muslim daripada negara lain di Eropa.

Namun, dari 1.497 orang Slowakia yang disurvei, 47 persen mengatakan mereka bersedia menerima seorang Muslim sebagai anggota keluarga. Dari semua negara pasca-Soviet yang berpartisipasi, hanya Kroasia yang mengembalikan tingkat penerimaan yang lebih tinggi.

Dalam 27 tahun sejak kedua negara berpisah dari keberadaan gabungan mereka sebelumnya sebagai Cekoslowakia, yang satu menjadi jauh lebih toleran daripada yang lain.

Republik Ceko, atau Czechia seperti yang sekarang secara resmi dikenal, memiliki komunitas kecil yang terdiri dari 11.000 Muslim yang terintegrasi dengan baik - 0,1 persen dari populasi. Hanya tiga masjid yang dibuka di negara ini, tetapi Islamofobia masih merajalela. Pemerintah Ceko telah menolak untuk menerima pengungsi, banyak di antaranya adalah Muslim, akibat krisis migran 2015.

Beberapa akademisi telah menyarankan oposisi Ceko terhadap Muslim berlabuh pada sejarah panjang invasi negara itu oleh kekuatan luar yang lebih besar yang dimulai pada awal abad ke-17. Keadaan ini  berlanjut hingga selama tiga ratus tahun di bawah kekuasaan Habsburg.

Penaklukan berlanjut sampai runtuhnya Kekaisaran Austro-Hongaria pada akhir Perang Dunia I. Setelah itu, Republik Cekoslowakia Pertama dibentuk, dan selama lebih dari dua dekade menikmati perdamaian yang genting.

Dengan bangkitnya Nazi Jerman pada tahun 1930-an, Ceko kembali menghadapi ancaman dari luar, dipaksa untuk menyerahkan wilayah ke Jerman pada tahun 1938 atas perintah para pemimpin Eropa dan kemudian diduduki oleh Nazi. Dengan gambar ratusan ribu imigran yang berjalan ke Eropa mendominasi media pada tahun 2015 dan 2016, banyak orang di sayap kanan negara itu mengaitkan krisis dengan serangan sebelumnya di wilayah Ceko.

What Divides Czechs and Slovaks on Muslims? - OZY | A Modern Media Company

  • Keterangan foto: Wisatawan wanita berbusana Muslim berjalan-jalan di sekitar kota Praha.

“Itu dilakukan secara tidak bermoral oleh media komersial,” kata Jan Čulík dari Universitas Glasgow tentang sentimen anti-migran. Media "telah memberikan liputan luas tentang serangan Islamis di Eropa Barat, tetapi hampir tidak ada liputan tentang serangan ekstrim sayap kanan terhadap pengungsi."

Orang Slovakia, pada bagian mereka, tampaknya tidak mudah putus asa. Meskipun tidak luput dari retorika anti-imigran yang mendominasi diskusi politik dalam beberapa tahun terakhir, Slovakia telah menerima beberapa pengungsi dan pada 2018 mengklaim akan menampung pencari suaka Kristen Irak dan sejumlah kecil anak yatim piatu Suriah (meskipun itu, kata pengamat, belum terjadi). Slovakia juga telah membantu tetangganya, Austria, menampung pengungsi sementara selama periode pemrosesan.

“Dulu media arus utama memberitakan isu-isu yang terkait dengan Muslim dengan cara yang sangat sederhana dan seringkali bias,” kata Mohamad Safwan Hasna, presiden Islamic Foundation di Slovakia. “Tetapi saya harus mengatakan bahwa ini telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan selama apa yang disebut krisis migrasi mereka sebenarnya agak adil. Sejak itu, sumber utama sentimen anti-Muslim adalah politisi dan outlet berita palsu. ”

Meskipun orang Slowakia, seperti Ceko, menderita pemerintahan asing selama berabad-abad, mereka tidak harus hidup di bawah persepsi ancaman historis yang sama yang ditimbulkan oleh Jerman dan tampak lebih berpandangan ke luar. Slovakia bergabung dengan mata uang Euro pada tahun 2009 (Republik Ceko belum) dan dalam beberapa tahun terakhir liberal, politisi pro-hak asasi manusia telah mengemuka.

“Perbedaan sikap di Republik Ceko dan Slovakia adalah bahwa Slovakia sekarang memiliki presiden yang berpikiran liberal, Zuzana Čaputová, yang secara terbuka mendukung hak asasi manusia,” kata Čulík. Republik Ceko, di sisi lain, memiliki Presiden Miloš Zeman, seorang populis, yang telah mengobarkan kebencian terhadap Muslim dan yang telah berulang kali mengatakan bahwa Islam adalah ideologi kriminal. ”

Czech Muslims face mockery, mosque desecration and death threats

Meskipun Slovakia mungkin lebih menerima Muslim dan imigran daripada tetangganya, itu sama sekali bukan tempat perlindungan. Islam dilarang diajarkan di sekolah-sekolah dan tidak ada satu masjid pun di seluruh negeri yang melayani 5.000 Muslim di Slovakia. “Ya, ini jauh lebih baik dibandingkan dengan [Republik Ceko],” kata Hasna dari temuan Pew Research, “tetapi ini masih merupakan hasil yang mengerikan.”

Faktanya, para ahli mengatakan Slovakia memiliki lebih banyak partai ekstremis daripada tetangganya di utara. Mantan Perdana Menteri Robert Fico pada tahun 2016 mengatakan bahwa "Islam tidak memiliki tempat di negara ini." Tapi Fico - yang didakwa bulan lalu karena komentar rasisnya terhadap minoritas Roma di negara itu - lebih lagi menjadi sorotan seperti di masa lalu. Itu bisa menjadi pertanda harapan bagi Muslim Slovakia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement