5 Rabiul Awwal 1442

Saudi Sumbang Dana Covid-19 Rp 1,4 Triliun ke PBB dan WHO

Senin , 21 Sep 2020, 15:16 WIB Reporter :Rizky Suryarandika/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Arab Saudi Sumbang Rp1,4 Triliun Buat Tangani Covid-19 di Dunia (ilustrasi).
Arab Saudi Sumbang Rp1,4 Triliun Buat Tangani Covid-19 di Dunia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penyaluran donasi $100 juta atau Rp1,4 triliun untuk penanganan pandemi Covid-19 di dunia. Dana itu disalurkan melalui WHO dan sejumlah proyek lain yang dijalankan PBB.

 

Hal itu disampaikan utusan Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi ketika rapat virtual dengan Sekjen PBB Antonio Guterres baru-baru ini. Guterres mengapresiasi dukungan Saudi yang peduli pada penanganan Covid-19.

"Respon internasional dalam penanganan Covid-19 yang dilakukan WHO dan lembaga PBB lainnya akan mendapat manfaat atas donasi ini," kata Al-Mouallimi dilansir dari Arab News pada Ahad (20/9).

Al-Mouallimi menyatakan dukungan ini berasal dari kesadaran Saudi untuk menangani pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Al-Mouallimi mengungkapkan Saudi meyakini usaha bersama lintas negara dapat menemukan solusi atas masalah bersama ini. "Solidaritas, tindakan kolektif, kerjasama transparan yang terkoordinasi, itu yang perlu dilakukan," ujar Al-Mouallimi.

Al-Mouallimi meminta PBB memanfaatkan dana itu untuk meningkatkan aksi nyata melawan Covid-19. Kemudian PBB juga bisa membantu negara berkembang dan wilayah rentan agar Covid-19 tak terus mengganas disana.

"Bantulah pengungsi, tingkatkan standar hidup kelompok miskin dunia, bangun lagi ekonomi, mediasi konflik dan bangun hubungan baik antar negara," ucap Al-Mouallimi. 

 

widget->kurs();?>