5 Rabiul Awwal 1442

KNEKS: Gaya Hidup Halal Harus Diperkuat

Selasa , 22 Sep 2020, 09:32 WIB Reporter :Lida Puspaningtyas/ Redaktur : Esthi Maharani
Gaya hidup halal
Gaya hidup halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengembangan ekonomi syariah akan diarahkan pada penguatan gaya hidup halal. Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Afdhal Aliasar mengatakan halal life style perlu digerakan lebih kuat lagi dalam pengembangan ekonomi syariah.

 

"Kita perlu penguatan gaya hidup halal, apalagi dalam kondisi pandemi ini maka gaya hidup akan berubah," katanya saat dalam Grand Opening 19th Sharia Economics Days yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Senin (21/9).

Perubahan tidak hanya potensial dari sisi pemilihan makanan yang harus lebih higienis dan halal, tapi juga fashion, kosmetik, dan lainnya. Masyarakat akan punya preferensi untuk memilih gaya hidup yang lebih baik dan bernilai.

Ia berharap pandemi juga mendorong pengembangan gaya hidup dalam memilih produk keuangan syariah. Saat ini produk keuangan syariah sangat beragam dan kompetitif sehingga masyarakat punya pilihan untuk memilih produk yang lebih memberikan ketenangan.

"Kalau ada pilihan syariah maka itu yang dipilih, makanya ekonomi syariah kita dorong tidak hanya berkembang tradisional tapi juga sesuai perkembangan jaman," katanya.

Indonesia memiliki modal yang signifikan karena produk-produk halal punya posisi yang lebih baik di hati konsumen. Afdhal mengatakan ini menjadi dasar bagi KNEKS dalam melakukan pengembangan ekosistem, seperti melalui marketplace halal daring juga digital payment yang bisa berkembang di ekosistem keuangan syariah.

Teknologi digital akan memungkinkan keterjangkauan hingga pada segmen ekonomi mikro. Ia juga mengatakan KNEKS mencoba mengembangkan lebih banyak crowdfunding dalam kerangka ekonomi syariah.

Ia berharap, pandemi akan membawa kesadaran dalam setiap pilihan produk untuk diri sendiri. Produk yang halal dan baik adalah pilihan terbaik untuk hidup yang lebih tenang dan berkah bagi seorang Muslim. Semoga dengan memilih yang lebih halal dan toyyib, Indonesia bisa keluar dari pandemi ini  dengan hikmah.

 

widget->kurs();?>