5 Rabiul Awwal 1442

MTR Bangun Fasilitas Air Minum Gratis di Masjid

Selasa , 22 Sep 2020, 15:37 WIB Reporter :Muhyiddin./ Redaktur : Esthi Maharani
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komunitas Masyarakat Tanpa Riba (MTR) membangun fasilitas air minum gratis untuk masyarakat di Masjid Al Huda, Kemayoran, Jakarta Pusat. Fasilitas serupa sebelumnya juga dibangun di wilayah Jakarta Timur.

 

Pegiat MTR Haerul Ihwan mengatakan,  fasilitas air minum tersebut sudah beroperasi dan telah dimanfaatkan masyarakat sekitar.

"Aksi kami untuk sedekah umat agar air bisa bermanfaat untuk masyarakat. Ini fasilitas isi ulang air minum di lokasi yang kedua setelah sebelumnya di wilayah Jakarta Timur," kata Haerul Ihwan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/2).

Dia mengatakan, fasilitas air minum itu rencananya akan dibangun di setiap kelurahan atau masjid. Dalam waktu dekat, MTR akan membangun fasilitas air di Cipete, Bekasi dan Ciawi.

Menurut dia, masyarakat di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini tidak hanya membutuhkan bantuan makanan, tetapi juga air minum.

Haerul mengatakan fasilitas isi ulang air minum bisa menghasilkan hingga ribuan galon air. Air yang disedekahkan juga sudah lulus uji laboratorium Sucofindo dan Dinas Kesehatan. “Sumber air dari tanah, kualitas sangat bagus dan layak minum," kata dia.

Dia berharap pembangunan fasilitas isi ulang air minum dari komunitas MTR bisa mengurangi pengeluaran umat dalam memenuhi kebutuhan air minum.

Masyarakat Tanpa Riba (MTR) adalah komunitas pengusaha muslim yang memiliki misi mengedukasi masyarakat agar mampu menghentikan kebiasaan berutang dan bersama-sama menggerakan sektor riil sebagai bentuk bela negara.

 

widget->kurs();?>