4 Rabiul Awwal 1442
  • | Cuaca Hari Ini :
  •  
  • -
  • KURS Hari ini
  •  
  •  
  •  
  • -
  • KURS Hari ini
  •  

PM Kanada Prihatin dengan Penikaman Pengurus Masjid Toronto

Selasa , 22 Sep 2020, 21:57 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Lokasi penikaman yang menewaskan seorang pengurus Masjid IMO di Rexdale Boulevard, Toronto, Kanada.
Lokasi penikaman yang menewaskan seorang pengurus Masjid IMO di Rexdale Boulevard, Toronto, Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID,TORONTO -- Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga seorang pengurus sukarelawan yang ditikam hingga tewas di sebuah masjid Toronto awal bulan ini. Trudeau mengatakan laporan bahwa insiden terkait dengan Neo-Nazisme dan Islamofobia 'sangat memprihatinkan'. 

 

"Hati saya untuk orang-orang yang dicintai Mohamed-Aslim Zafis," Trudeau mentweet Selasa pagi (22/9) seperti dilansir dari CBC News.

"Laporan bahwa pembunuhannya dimotivasi oleh Neo-Nazisme dan Islamofobia sangat memprihatinkan. Kami berdiri bersama komunitas Muslim melawan kebencian semacam itu, yang tidak memiliki tempat di Kanada. Kami bersama Anda."

Guilherme "William" Von Neutegem, 34, didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama sehubungan dengan pembunuhan Mohamed-Aslim Zafis. Zafis, 58, duduk di luar masjid Etobicoke pada 12 September mengendalikan jumlah orang yang masuk untuk mematuhi peraturan kesehatan masyarakat. 

Von Neutegem membagikan apa yang tampaknya merupakan konten dari kelompok setan neo-Nazi di media sosial, menurut Canadian Anti-Hate Network, sebuah organisasi nirlaba yang memantau, meneliti, dan memerangi kelompok-kelompok pembenci. CBC News mengetahui nama kelompok pembenci tersebut tetapi memilih untuk tidak menggunakannya untuk menghindari paparan tambahan apa pun.

Evan Balgord, direktur eksekutif jaringan tersebut, menggambarkan kelompok Von Neutegem yang terkait dengan pemujaan setan neo-Nazi. "Mereka secara eksplisit anti-Semit dan mereka sangat rasis," kata Balgord sebelumnya. "Mereka menyembah Hitler sebagai sosok Tuhan."

CBC News telah mengonfirmasi Von Neutegem mengikuti setidaknya satu grup Facebook yang dikhususkan untuk grup tersebut, memiliki simbol Nazi di akun Instagram-nya dan telah memposting nyanyian yang terkait dengan kultus kebencian di YouTube. Sumber yang mengetahui penyelidikan tersebut mengonfirmasi kepada CBC News bahwa akun itu milik Von Neutegem.

Posting media sosial Von Neutegem juga menyertakan penggunaan istilah, simbol, dan video yang digunakan oleh grup tersebut. Setelah penangkapannya, polisi Toronto tidak memberikan rincian tentang kapan Von Neutegem akan hadir di pengadilan. Tidak jelas apakah dia telah menyewa pengacara saat ini. Dia dijadwalkan untuk tampil di pengadilan lagi pada 25 September. Polisi tidak akan mengomentari postingan media sosial Von Neutegem.

 

widget->kurs();?>