10 Rabiul Akhir 1442

Hanan Al-Ahmadi, Wanita Pertama di Posisi Kepemimpinan Saudi

Senin , 19 Oct 2020, 23:20 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Hanan Al-Ahmadi, Wanita Pertama di Posisi Kepemimpinan Saudi
Hanan Al-Ahmadi, Wanita Pertama di Posisi Kepemimpinan Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH - Dr. Hanan Bint Abdul Rahim Al-Ahmadi, asisten presiden Dewan Shoura yang baru dilantik, mengucapkan terima kasih dan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, mengatakan bahwa ini adalah kehormatan besar dan dukungan untuk wanita Saudi. Raja Salman mengeluarkan dekrit kerajaan pada hari Ahad (18/10) yang mengangkatnya ke posisi tertinggi ketiga Dewan Shoura dan sekarang dianggap sebagai wanita Saudi pertama yang melayani dalam posisi kepemimpinan di badan konsultatif Kerajaan. 

Dilansir dari Saudi Gazette, dalam pernyataan yang dikeluarkan pada kesempatan pengangkatannya, Dr. Hanan berharap dapat memenuhi tanggung jawab dari jabatan penting ini sejalan dengan kepercayaan yang diembannya, Saudi Press Agency melaporkan.

"Posisi penting ini mewujudkan dukungan dari Raja dan Putra Mahkota untuk wanita Saudi dan ketajaman mereka untuk mengaktifkan partisipasi mereka dalam proses pengambilan keputusan nasional dan untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam pembangunan komprehensif yang disaksikan Kerajaan di semua bidang."

Dr. Hanan menekankan bahwa Dewan Shoura memainkan peran nyata dalam kehidupan politik, ekonomi, dan sosial Kerajaan serta dalam pengambilan keputusan, memantau kinerja lembaga pemerintah, dan mendukung sikap Kerajaan secara internasional melalui perannya dalam memperkuat hubungan parlementer. dengan negara lain.

"Peran ini tumbuh mengingat apa yang Dewan nikmati dari minat dan dukungan Raja Salman dan Putra Mahkota," katanya sambil menaruh harapan besar untuk berkontribusi pada upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh Kepresidenan Dewan dan anggotanya dalam melayani. negara dan warga negara.

Dr. Hanan adalah salah satu wanita pertama yang diangkat ke Dewan Shoura pada Mei 2014, dalam sebuah keputusan bersejarah. Dalam sebuah wawancara selama itu, dia mengamati bahwa mayoritas masyarakat di Arab Saudi menyadari perlunya kemajuan perempuan Saudi dan untuk mengubah peran mereka dalam kehidupan publik.

“Kami semakin merasakan perubahan positif dalam opini publik karena perempuan terus membuktikan bahwa mereka siap menghadapi tantangan dan bahwa mereka dapat menjadi mitra setara yang efektif dalam pengambilan keputusan,” katanya.

Selama dua sesi 4 tahun Shoura sebelumnya, dia telah menjabat sebelumnya sebagai anggota Komite Ekonomi dan Energi Dewan dan Komite Urusan Kesehatan dan Lingkungan, serta anggota Komite Persahabatan Parlemen ke-5.

Dia adalah seorang akademisi terkemuka yang berspesialisasi dalam ekonomi dan manajemen kesehatan. Dr. Hanan menjabat sebagai profesor Administrasi Layanan Kesehatan dan direktur jenderal Cabang Wanita di Institut Administrasi Publik (IPA).

Dr. Hanan melayani dalam berbagai kapasitas selama karirnya yang cemerlang. Ini termasuk anggota Dewan Pengawas Forum Ekonomi Riyadh, Dewan Editorial Jurnal Administrasi Publik dan Dewan Ilmiah Institut Administrasi Publik, dan anggota Dewan Direktur Asosiasi Manajemen Saudi.

Ia juga menjabat sebagai koordinator program senior, dan administrasi kesehatan di IPA cabang perempuan, anggota Komite Ilmiah untuk Penghargaan Buku Kementerian Kebudayaan dan Informasi, anggota Komite Nasihat Budaya untuk Festival Janadriyah; dan penilai Penghargaan Sheikh Khalifa untuk Keunggulan dalam Kinerja Pemerintahan.

Dia menjabat sebagai rekan tamu di Pusat Nasional untuk Riset Pengembangan Perawatan Kesehatan Primer, Universitas Manchester, Inggris, dan berpartisipasi dalam beberapa konferensi dan seminar Arab dan internasional di mana dia mempresentasikan banyak makalah ilmiah.

Dr. Hanan memperoleh gelar sarjana Ekonomi dari King Saud University, Ph.D. dalam administrasi kesehatan dari US University of Pittsburgh, dan gelar master dalam administrasi kesehatan dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine di Amerika Serikat.

 

 

widget->kurs();?>