Selasa 20 Oct 2020 15:41 WIB

Seniman Saudi Bawa Tantangan Seni Global Inktober

Seni global Inktober dibawa seniman Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Seniman Saudi Bawa Tantangan Seni Global <em>Inktober  </em>
Foto: Arab News
Seniman Saudi Bawa Tantangan Seni Global Inktober

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Seorang seniman Saudi telah menandatangani kesepakatan membawa tantangan seni 'Inktober' yang terkenal di dunia ke Kerajaan Arab Saudi. Fatima Al-Awad, pelatih bersertifikat di bidang seni dan penulis profesional, menandatangani perjanjian dengan pendiri 'Inktober', Jake Parker, menjalankan proyek keterampilan ini di kota pantai Laut Merah, Yanbu.

"Saya menghubungi Jake Parker dan memberi tahu dia tentang gagasan mengadakan acara sosial nirlaba di sebuah kafe. Dia sangat menyambutnya dan perjanjian itu ditandatangani," kata Al-Awad dilansir di Arab News, Selasa (20/10).

Baca Juga

Parker menciptakan 'Inktober' pada 2009 sebagai tantangan meningkatkan keterampilan tinta dan mengembangkan kebiasaan menggambar yang positif. Sejak saat itu, kegiatan ini berkembang menjadi upaya global dengan ribuan seniman ambil bagian setiap Oktober.

Al-Awad mengatakan tujuan Parker menyiapkan tantangan ini adalah untuk memperkuat keterampilan menggambar seseorang, membantu menikmati persaingan, melepaskan ide dan memperluas imajinasi, serta menyediakan platform bagi seniman untuk menumbuhkan penikmat karya mereka.

 

Ide Parker adalah menyiapkan tantangan untuk dirinya sendiri dengan menggambar setiap hari selama sebulan dengan tinta, guna memperkuat keterampilannya dalam materi tersebut.

"Dia memutuskan untuk menulis daftar kata acak setiap hari, 31 kata dari 31 gambar. Saya bangga kami sedang mempersiapkan acara resmi 'Inktober' pertama yang akan diadakan di Kerajaan," kata Al-Awad.

Al-Awad mengadakan acara tersebut dalam bentuk lokakarya yang diselenggarakan dua hari setiap minggu. Kegiatan ini bekerja sama dengan Oros Cafe di Yanbu, yang telah menyelenggarakan tantangan virtual serupa selama tiga tahun terakhir.

Tahun ini, Al-Awad memutuskan untuk mentransfer pengalaman dengan melakukannya langsung di lapangan. Ia mengajarkan metode penggunaan tinta, spidol, melalui berbagai teknik sehingga seniman bisa mendapatkan keuntungan dari interaksi satu sama lain.

“Saya memperhatikan detail melalui supervisi dan follow up. Dan tentunya menikmati duduk di luar dan minum kopi bersama peserta kami,” kata dia.

Al-Awad telah memperkenalkan tindakan pencegahan yang tepat untuk membantu mencegah penyebaran penyakit virus Covid-19. Seniman di Saudi dapat berpartisipasi dengan mendaftar melalui aplikasi yang disiapkan pihak penyelenggara acara.

Lebih lanjut, ia merasa melihat minat yang besar dari para seniman berdasarkan interaksi di jejaring sosial selama beberapa tahun terakhir. Dengan pengalaman mengadakan acara seni selama beberapa tahun, ia pun berpikir kali ini saat yang tepat untuk mengadakan acara yang didedikasikan untuk Inktober.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap bisa langsung memengaruhi peserta, mengembangkan keterampilan, dan mengenal mereka lebih mendalam. Beberapa seniman, mahasiswa, guru, serta anggota masyarakat telah mengambil bagian dalam menghasilkan beberapa ide dan sketsa seni yang menakjubkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement