11 Rabiul Akhir 1442

Melihat Situs Arkeologi Al-Rajajil di Arab Saudi

Selasa , 20 Oct 2020, 15:56 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Melihat Situs Arkeologi Al-Rajajil di Arab Saudi
Melihat Situs Arkeologi Al-Rajajil di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Situs arkeologi di barat laut provinsi Al-Jauf, Arab Saudi, Batu Al-Rajajil (The Men) terdiri dari sekelompok pilar batu yang diyakini berasal dari abad keempat sebelum masehi.

Dilansir dari laman Arab News pada Selasa (20/10), situs tersebut terletak 22 kilometer selatan Sakaka, di barat laut provinsi Al-Jauf Saudi. Terdapat 50 set batu berdiri terpisah yang semuanya tingginya sekitar tiga meter.

Setiap kelompok tiang terdiri dari dua sampai 10 batu yang berdiri tegak lurus dengan dataran tinggi. Bebatuan itu juga dianggap berkaitan dengan upacara pemakaman.

Bebatuan itu juga sering disebut Stonehenge of Arabia, Rajajil yang merupakan situs kuno misterius. Lokasinya berada pada beberapa kilometer di selatan desa Qarah.

Baca Juga

Penggalian arkeologi telah mengungkapkan bahwa Rajajil memang sebuah situs pemakaman, tetapi peran pentingnya yang sebenarnya kemungkinan dalam transisi gaya hidup dari nomadisme menuju sedentarisme, yang disebabkan oleh perubahan iklim di Semenanjung Arab.

 

widget->kurs();?>