Ahad 25 Oct 2020 03:00 WIB

Mengintip Istana Bersejarah Raja Abdul Aziz di Desa Laynah

Istana Raja Abdul Aziz yang bersejarah ada di Desa Laynah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Muhammad Hafil
Mengintip Istana Bersejarah Raja Abdul Aziz di Desa Laynah
Foto: Arab News / Saudi Tourism
Mengintip Istana Bersejarah Raja Abdul Aziz di Desa Laynah

IHRAM.CO.ID, LAYNAH -- Raja Abdul Aziz, raja pertama Arab Saudi, memiliki beberapa istana. Salah satunya, kastil seluas 4.000 meter persegi, berlokasi di Desa Laynah yang merupakan pemukiman tertua di Arab Saudi bagian utara.

Catatan arkeologi meriwayatkan secara rinci sejarah dan tahun pembangunannya. Istana tersebut dibangun setelah penyatuan kerajaan, untuk dijadikan markas besar emirat di wilayah tersebut.

Baca Juga

Bangunan berusia 85 tahun ini dianggap sebagai salah satu situs sejarah utama negara karena warisan dan keutamaan arsitekturalnya. Fungsi utamanya adalah menjadi kediaman Raja Abdul Aziz di kawasan pinggiran kerajaan.

Fungsi lainnya yakni sebagai tempat mengelola pengembangan wilayah perbatasan utara. Bangunan terdiri dari beberapa ruangan untuk keluarga dan tamu. Ada pula masjid, sumur tua, dan halaman yang luas.

Setiap sudut dari keempat pilarnya menampilkan menara melingkar dengan gerbang kayu besar. Dari aspek konstruksi bangunan, material pembuat istana ini adalah batu-bata lumpur, batu, dan tanah liat.

Laynah menyimpan banyak warisan sejarah dan fitur arsitektur yang menjadi ciri khasnya. Desa ini juga memiliki lebih dari 300 sumur, yang beberapa di antaranya masih bisa digunakan, dikutip dari laman Arab News, Sabtu (24/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement