11 Rabiul Akhir 1442

Sektor Pariwisata Saudi Diprediksi Serap 1 Juta Tenaga Kerja

Rabu , 28 Oct 2020, 18:30 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sektor Pariwisata Saudi Diprediksi Serap 1 Juta Tenaga Kerja. Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi.
Foto : Saudi Gazette
Sektor Pariwisata Saudi Diprediksi Serap 1 Juta Tenaga Kerja. Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al-Khateeb meluncurkan strategi untuk mengembangkan sumber daya manusia di sektor pariwisata, Selasa (28/10). Atas strategi tersebut, Saudi memproyeksikan sektor pariwisatanya dapat membuka satu juta lapangan kerja di 2030.

Rencananya, strategi itu akan dilaksanakan oleh kementerian bekerja sama dengan mitranya di sektor pemerintah dan swasta. Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (28/10), ia mengatakan strategi tersebut dirumuskan untuk menarik garis yang jelas agar generasi muda di Kerajaan untuk terlibat dalam profesi pariwisata dan perhotelan. Tujuannya menciptakan sekitar satu juta lapangan kerja baru pada 2030. 

Al-Khateeb mengatakan strategi ini merupakan perpanjangan dari Visi ambisius Kerajaan 2030 serta strategi pengembangan pariwisata untuk mencapai pertumbuhan keseluruhan dalam pendapatan pariwisata domestik yang akan mencapai sekitar 10 persen selama 10 tahun mendatang. Strategi yang diluncurkan di sekitar Istana Salwa di Diriyah, terdiri dari 20 program dengan 15 di antaranya berupaya mempersiapkan warga Saudi untuk mengambil pekerjaan di sektor pariwisata Kerajaan. 

“Strategi tersebut merupakan langkah penting yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia di sektor pariwisata. Dengan tujuan menjadikan Kerajaan sebagai tujuan yang makmur dan menarik bagi wisatawan, dan menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan bagi warga negara laki-laki dan perempuan, dan mencapai tujuan dasar,” kata Al-Khateeb. 

Baca Juga

Dia menyarankan lokalisasi pekerjaan secara bertahap di sektor pariwisata sambil menarik kader yang memenuhi syarat untuk mengambil pekerjaan di sektor tersebut. Tujuannya juga mencakup penerapan standar tertinggi dalam pendidikan dan pelatihan di dalam dan di luar Kerajaan, bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan sektor swasta di dalam dan luar negeri.