Rabu 04 Nov 2020 07:11 WIB

16.000 Imam Masjid yang tidak Perform di Arab Saudi Diganti

Menteri Al-Sheikh memperingatkan tindakan tegas terhadap pejabat yang korup.

Menteri Urusan Bimbingan Islam Arab Saudi Dr. Abdullatif Al-Sheikh
Foto: theislamicinformation.com
Menteri Urusan Bimbingan Islam Arab Saudi Dr. Abdullatif Al-Sheikh

IHRAM.CO.ID,MADINAH -- Menteri Urusan Bimbingan Islam Arab Saudi Dr. Abdullatif Al-Sheikh telah memperingatkan para pejabat kementerian dan pengkhotbah agar tidak melalaikan tugas dan keterlibatan dalam praktik korupsi.

“Setiap karyawan yang terbukti melakukan pelanggaran, baik imam, penceramah, atau pengamat, akan dirujuk ke Otoritas Pengawasan dan Anti Korupsi (Nazaha) untuk menghadapi konsekuensi dari tindakannya,” katanya saat berbicara kepada pejabat cabang kementerian di Madinah pada hari Senin (2/11) seperti dilansir Saudi Gazette.

Al-Sheikh mengatakan bahwa ada pemberitahuan dari kementerian bahwa ada 16.000 pos yang ditempati oleh para imam yang tidak menjalankan tugasnya. Dia mengatakan bahwa semua pos ini telah direklamasi dan diganti oleh yang lain. “Anda mungkin menemukan seorang pengkhotbah masjid yang tidak memenuhi kewajibannya memimpin sholat jamaah dan dia masih mendapatkan gajinya. Apakah diperbolehkan bagi pengkhotbah seperti itu untuk memakan uang terlarang ini?"

Menteri mencatat, ada 15.000 pekerjaan pengabdi masjid, di mana persentase kecil yang melaksanakan tugasnya. Dia menyerukan kerja sama semua orang untuk memperbaiki kekurangan dan tanggung jawab tugas yang dipercayakan. Menyampaikan pesan yang kuat kepada seluruh pejabat dan karyawan kementerian, ia mengatakan bahwa karyawan yang enggan menjalankan tugasnya akan dirujuk ke Nazaha, dan mencatat bahwa kementeriannya telah menemukan banyak pelanggaran, termasuk korupsi terkait pekerjaan.

“Tanggung jawab besar pada kami, dan kami harus melakukan apa yang telah dipercayakan kepada kami dengan semua kekuatan; dan merawat rumah Tuhan adalah salah satu prioritas yang harus kita tekuni. Masing-masing dari kita bertanggung jawab atas apa yang dipercayakan kepadanya, dan kita tidak akan mentolerir siapa pun yang gagal."

Menteri meminta semua karyawan untuk melaporkan kepadanya kasus korupsi atau kelalaian melalui teleponnya sendiri sepanjang waktu, menunjukkan bahwa tujuannya adalah untuk mewakili kementerian yang bertanggung jawab atas itu dan pekerjanya dan untuk menyingkirkan koruptor yang makan makanan atau uang haram. 

Al-Sheikh menunjukkan bahwa kementeriannya telah membuat kemajuan yang mencapai tingkat "sangat baik" dalam memperbaiki situasi di dalam kementerian, dan bahwa ambisinya adalah untuk naik ke tingkat "sangat baik".

Al-Syaikh menekankan bahwa ada karyawan yang terhormat, yang bekerja dengan tekun dan dengan dedikasi dengan cara mewujudkan aspirasi baik pemimpin maupun rakyat dan ada yang gagal karena kelalaian dan tidak bertanggung jawab.

“Ada kesalahan dan kekurangan, dan kami harus bekerja sama untuk memperbaikinya apakah kami pemimpin atau orang lain, dan Anda harus bekerja sama dengan kami dalam menginformasikan kepada kami tentang segala kekurangan dan jika kami tidak bergandengan tangan, kami tidak akan dapat menjangkau tujuan yang diinginkan,” tegasnya.

Al-Sheikh menunjukkan bahwa kementerian, dalam kapasitasnya sebagai badan pengawas, menindaklanjuti pekerjaan cabang, dan setiap direktur mewakili menteri di wilayahnya melalui kerja tindak lanjut dan rajin serta menggunakan uang publik dan menangani masalah administrasi dalam sikap bijaksana dan sehat. “Seorang karyawan, yang melapor ke tugasnya dan meninggalkan tempat kerjanya selama jam kerja, memakan uang haram, dan bagaimana dia melakukannya dia mengatur makan dan memberi makan anak-anaknya dengan uang haram ini,” katanya sambil memanggil mereka yang tidak bisa melaksanakan tugas mereka untuk mencari pekerjaan lain.

Menteri mencatat bahwa beberapa karyawan datang pada pukul 7 pagi dan pergi hanya pada pukul 14:30, tetapi di lingkungan Syariah, ketidakhadiran tersebar luas dengan kinerja yang buruk dan ketidakpedulian. “Jadi kita harus meninjau diri kita sendiri dengan rasa takut kita akan Tuhan dan meminta pertanggungjawaban diri kita sebelum kita dimintai pertanggungjawaban. Negara kuat dalam tindak lanjutnya yang terus menerus, dan lembaga pengawas sedang melakukan pekerjaannya secara maksimal,” ujarnya.

Al-Sheikh mengecam bahwa beberapa pegawai yang bertugas berdakwah dan mengurus rumah Tuhan memiliki tingkat ketidakpedulian. “Kementerian menerima informasi dari beberapa kolega dengan segera tentang hal-hal seperti itu dan kementerian mengetahui apa yang terjadi di cabang lebih tepat daripada apa yang diketahui direktur cabang.”

Menteri tersebut juga mengkritik ketidakpedulian sebagian karyawan dan imam yang malas, dengan mengatakan bahwa beberapa dari mereka melakukan pekerjaan palsu sementara beberapa lainnya tinggal jauh dari tempat kerja mereka.

Al-Sheikh memperingatkan bahwa setiap pejabat, yang berkolusi dengan kolega semacam ini, melakukan dua kesalahan: Dosa pengkhianatan dan dosa membiarkan saudara Muslimnya mengambil uang secara tidak sah dan melakukan ketidakadilan kepada orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement