Rabu 04 Nov 2020 11:32 WIB

Siapa yang akan Dipilih oleh Muslim Amerika dalam Pemilu AS?

Muslim Amerika Serikat bisa memainkan peran raja dalam pemungutan suara nasional.

Siapa yang akan Dipilih oleh Muslim Amerika dalam Pemilu AS? Warga AS memberikan suara dalam pilpres Amerika Serikat di Indianapolis, Selasa (8/11).
Foto: AP/Michael Conroy
Siapa yang akan Dipilih oleh Muslim Amerika dalam Pemilu AS? Warga AS memberikan suara dalam pilpres Amerika Serikat di Indianapolis, Selasa (8/11).

IHRAM.CO.ID,WASHINGTON -- Akademisi Mehmet Ozalp, Associate Professor dalam Studi Islam, Direktur Pusat Studi Islam dan Peradaban dan Anggota Eksekutif dari Publik dan Teologi Kontekstual, Universitas Charles Sturt mengatakan sebagian besar Muslim Amerika akan memilih Joe Biden atau tidak akan memberikan suara sama sekali dalam Pemilihan Presiden AS hari ini. Tapi mengingat demografi Muslim di negara bagian yang berubah-berubah, Muslim bisa memainkan peran raja dalam pemungutan suara nasional.

Dilansir dari 5 Pillars, Rabu (4/11), Muslim adalah minoritas kecil di Amerika Serikat, tetapi mereka mungkin memiliki pengaruh yang signifikan pada pemilu AS. Muslim Amerika, bagaimanapun, sering terbelah antara retorika anti-Muslim dan xenofobia Presiden Donald Trump dan persepsi bahwa Demokrat merusak moralitas publik dalam masalah sosial.

Menurut perkiraan tahun 2017 oleh Pew Research Center, 3,45 juta Muslim tinggal di AS, yang merupakan 1,1% dari total populasi. Meskipun ini mungkin tampak kecil, Pew memperkirakan Muslim akan melampaui populasi Yahudi pada tahun 2040 untuk menjadi blok agama terbesar kedua setelah Kristen.

Muslim Amerika kebanyakan tinggal di kota-kota besar. Sekitar 58% lahir di luar negeri. 18% lainnya lahir di Amerika dari satu atau lebih orang tua yang merupakan migran generasi pertama. Sekitar seperempat (24%) Muslim Amerika dianggap asli AS.

 

Muslim Amerika adalah salah satu kelompok yang paling beragam secara etnis dan ras di Amerika Serikat. Sebagian besar (41%) Muslim mengidentifikasi sebagai kulit putih, hampir sepertiga (28%) adalah Asia (termasuk Asia Selatan), seperlima (20%) berkulit hitam dan sekitar 8% adalah Hispanik.

 

Keragaman demografis Muslim Amerika diterjemahkan menjadi profil unik dalam hal kebijakan. Dalam masalah moral dan sosial, Muslim lebih dekat dengan Partai Republik yang konservatif, tetapi dalam masalah keragaman budaya dan agama mereka lebih selaras dengan Partai Demokrat yang lebih liberal.

Menurut survei pemilihan kongres, 18% Muslim Amerika mengidentifikasi diri mereka sebagai konservatif, 51% sebagai moderat dan sisanya 31% sebagai liberal.

Survei yang sama menemukan 88% Muslim mendukung kontrol yang lebih ketat pada senjata dibandingkan dengan 96% untuk pemilih Demokrat secara keseluruhan.

Sebuah Maret 2020 jajak pendapat oleh Institut Kebijakan Sosial dan Pemahaman (ISPU) menunjukkan 65% Muslim mendukung gerakan Hitam Lives Matter, dukungan tertinggi dari semua kelompok agama di AS.

Jajak pendapat yang sama menemukan hampir setengah dari pemilih Muslim mendukung aliansi dengan pendukung kebebasan beragama. Muslim Amerika juga berharap diperlakukan dengan hormat dan diterima sebagai bagian tak terpisahkan dari bangsa Amerika. Partai Demokrat kemungkinan besar akan memenuhi harapan ini.

Di sisi lain, Muslim Amerika tidak mendukung aktivisme LGBTQ (55%) dan lebih cenderung daripada Yahudi dan Katolik untuk mendukung aliansi dengan penentang aborsi. Muslim juga melihat Trump sebagai prospek ekonomi yang lebih baik.

Jadi, Muslim memandang Republik memusuhi Muslim atas dasar ras, tetapi melihat Demokrat sebagai musuh moralitas Islam dan nilai-nilai keluarga.

Posisi tersebut menyebabkan disonansi elektoral pada pemilih Muslim. Teka-teki ini sebagian bertanggung jawab atas pendaftaran pemilu yang lebih rendah dan jumlah pemilih di antara Muslim Amerika.

Pada Maret 2020, 78% Muslim yang memenuhi syarat untuk memilih terdaftar untuk memilih. Dari mereka yang terdaftar, 81% mengatakan akan hadir di hari pemilihan. Ini jauh lebih rendah daripada kelompok agama lain, seperti evangelis (92%) dan Katolik (91%).

Perubahan pola dalam pemungutan suara Muslim 

Selama 20 tahun terakhir, preferensi partai Muslim Amerika telah berubah secara signifikan. Sebelum serangan teroris 11 September 2001, diperkirakan 80% Muslim non-Afrika-Amerika adalah pemilih Republik, sedangkan mayoritas Muslim Afrika-Amerika memilih kandidat Demokrat Al Gore.

Pola pemungutan suara ini berubah setelah era 11 September, ketika pemerintahan George W. Bush dan Partai Republik mempelopori “perang melawan teror”.

Retorika perang melawan teror, pengawasan yang mengganggu umat Islam di bawah Undang - Undang Patriot dan kampanye militer di Afghanistan dan Irak telah menciptakan suasana anti-Muslim yang nyata di AS. Umat Muslim menganggap perang melawan teror sebagai perang melawan Islam dan Muslim. Akibatnya, suara Muslim Amerika untuk Bush anjlok menjadi hanya 7% dalam pemilu 2004.

Pergeseran signifikan oleh pemilih Muslim ke Demokrat memuncak pada dukungan untuk Barack Obama dalam pemilu 2008. Tren yang sama berlanjut dengan mayoritas Muslim yang memilih Demokrat dalam pemilu 2016, dengan 82% suara jatuh ke Hillary Clinton. Pada 2018, dukungan Muslim untuk Partai Republik hanya 10%.

Namun, jajak pendapat ISPU pada Maret 2020 menemukan dukungan pemilih Muslim Amerika untuk Trump telah meningkat menjadi 30%, karena pemilih Muslim percaya Trump adalah manajer ekonomi yang baik dan tidak mau mengambil bagian dalam perang Timur Tengah.

Menariknya, jajak pendapat ISPU yang sama menunjukkan 31% Muslim kulit putih mendukung Trump dibandingkan dengan 8% Muslim Hitam dan Arab dan 6% Muslim Asia.

Tidak jelas apakah penanganan Trump yang buruk terhadap pandemi telah menyebabkan penurunan dukungan Muslim untuk Trump. Namun dua tindakan lainnya masih menjadi perhatian pemilih Muslim.

Yang pertama adalah Perintah Eksekutif tahun 2017 13769 yang melarang Muslim dari tujuh negara - Irak, Suriah, Sudan, Iran, Yaman, Libya dan Somalia - memasuki Amerika Serikat dengan alasan bahwa negara-negara tersebut mendukung terorisme. Perintah itu juga menangguhkan masuk tanpa batas waktu ke AS untuk semua pengungsi Suriah.

Perintah eksekutif kemudian dikenal sebagai "larangan Muslim" dan dikritik karena menargetkan Muslim "karena keyakinan mereka". Larangan itu berdampak besar pada kebebasan bepergian bagi banyak Muslim Amerika yang bukan warga negara.

Yang kedua adalah pemindahan kedutaan AS di Israel ke Yerusalem pada 2018, yang pada dasarnya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Yahudi. Ini membuat marah warga Palestina dan Muslim di seluruh dunia.

Namun Joe Biden juga bukan pilihan default bagi pemilih Muslim. Muslim Amerika mengharapkan Biden untuk membuat janji untuk meninjau "daftar pantauan" jika terpilih. Ini adalah database penyaringan teroris pemerintah AS, yang berisi nama-nama individu yang dilarang naik penerbangan komersial. Banyak Muslim merasa kebijakan tersebut secara tidak adil menargetkan Muslim yang tidak bersalah. Sementara George Bush memperkenalkan kebijakan tersebut, itu diterapkan secara luas di bawah pemerintahan Obama-Biden.

Penghindaran oleh kedua kandidat dari masalah Timur Tengah dalam kampanye saat ini dan dalam debat presiden adalah faktor lain yang memprihatinkan bagi pemilih Muslim. Mereka dibiarkan tidak jelas di mana para kandidat berdiri dalam masalah kebijakan luar negeri yang penting.

Kekhawatiran ini kemungkinan besar mengarah pada "Biden atau tidak ada suara" yang signifikan atau pilihan kandidat pihak ketiga di antara pemilih Muslim.

Ini penting karena jumlah pemilih Muslim dapat menentukan hasil di negara bagian ayunan pinggiran Florida, Ohio, Virginia dan khususnya Michigan. Perkiraan populasi Muslim di Michigan adalah 3%. Margin ini cukup untuk menentukan hasil untuk negara bagian di mana Trump mengalahkan Hillary Clinton dengan 0,23% suara pada tahun 2016.

Jumlah pemilih Muslim yang besar dan dukungan untuk Joe Biden mungkin cukup untuk mengubah warna negara bagian seperti Michigan menjadi biru dan menyerahkan Gedung Putih kepada Demokrat dalam pemilihan presiden 2020.

 

Sumber: https://5pillarsuk.com/2020/11/03/who-will-muslim-americans-vote-for-in-the-u-s-elections/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement