Senin 16 Nov 2020 08:35 WIB

Seorang Muslim Diusir dari Pesawat di AS

Seorang muslim yang politikus Demokrat AS diusir dari pesawat America Airlines

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Elba Damhuri
Illustrasi Islamophobia(18/3).
Foto: Republika/Mardiah
Illustrasi Islamophobia(18/3).

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Seorang influencer media Muslim dan kandidat utama Kongres Demokrat 2020, Amani Al-Khatahtbeh, 28 tahun, dikeluarkan dari penerbangan American Airlines dari Newark ke Charlotte sebelum keberangkatan. Hal ini terjadi setelah pertengkaran dengan seorang pria yang duduk di kelas satu.

Dilansir di View From The Wing, Ahad (15/11), Al-Khatahtbeh menolak untuk meninggalkan pesawat kecuali pria itu juga turun. Al-Khatahtbeh mengklaim diskriminasi dan telah meminta bantuan dari Dewan Hubungan Islam Amerika.

Insiden itu dimulai saat di pos pemeriksaan keamanan TSA. Saat Al-Khatahtbeh mengantre beberapa saat, lalu ada celah di depannya, seorang pria mendahuluinya dan pergi. Lantas Al-Khatahtbeh memberitahu pria itu bahwa tindakannya tidak dapat diterima.

Al-Khatahtbeh mengatakan, pria itu mengajukan keluhan tentang dirinya kepada pihak American Airlines saat pesawat hendak berangkat. Pihak maskapai mempercayai kata-katanya dan malah meminta Al-Khatahtbeh untuk pergi.

 

Namun Al-Khatahtbeh menolak untuk pergi, sehingga maskapai penerbangan menurunkan semua orang dan penerbangan pun ditunda. Penumpang yang lain tampaknya berpihak padanya meskipun sebagian besar penumpang sepertinya tidak melihat atau mendengar apa yang dikatakan sebelum maskapai meminta wanita itu pergi.

Begitu dia turun dari pesawat, petugas memberi tahu bahwa ditangkap dan dikeluarkan dari penerbangan. Penerbangan tersebut akhirnya ditunda 1 jam 1 menit pada saat keberangkatan.

Pihak American Airlines, dalam sebuah pernyataan menyampaikan, mengetahui insiden yang terjadi antara dua penumpang sebelum dan selama boarding penerbangan 2029 di Bandara Internasional Newark Liberty. Mereka prihatin dengan tuduhan ini dan tim sedang bekerja untuk memahami apa yang terjadi.

Lebih lanjut, American Airlines menyampaikan: "Kami secara aktif menyelidiki insiden yang terjadi antara dua penumpang sebelum dan selama boarding penerbangan 2029 di Bandara Internasional Newark Liberty. Kami prihatin dengan tuduhan ini dan tim kami secara aktif bekerja untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi.

Kami telah menghubungi kedua penumpang tersebut, dan sedang dalam proses mewawancarai awak kapal, penumpang lain di dalam pesawat, serta saksi dari pos pemeriksaan TSA. Selain itu, kami bekerja sama dengan penegak hukum setempat dan telah meminta rekaman video dari Terminal A dan keamanan."

Catatan saksi awal menunjukkan konflik dimulai selama pemeriksaan TSA. Baik penyaringan PreCheck dan non-PreCheck digabungkan ke dalam satu jalur terbuka. Pemahaman kami adalah bahwa Nn. Al-Khatahtbeh yakin penumpang lain, yang terdaftar di PreCheck, mendapatkan perlakuan yang menyenangkan karena dia diizinkan untuk melanjutkan melalui keamanan saat dia melepas sepatunya. Hal ini menyebabkan pertengkaran verbal yang berlanjut hingga terminal dan di pesawat di mana Ms. Al-Khatahtbeh menghadapi penumpang dan mulai merekamnya sebelum mengambil tempat duduknya.

"Kami menangani masalah ini dengan serius dan tim kami bekerja secepat mungkin untuk memahami apa yang terjadi. Kami telah menghubungi CAIR NJ untuk memberi tahu mereka tentang penyelidikan kami."

BACA JUGA: Takluk dan Menyerah dari Azerbaijan, PM Armenia Pun Nyaris Dibunuh

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement