Kamis 19 Nov 2020 13:57 WIB

Penggunaan Jilbab di Sekolah di Swedia tak Lagi Dilarang

Pengadilan membatalkan putusan yang melarang pemakaian jilbab oleh siswa di Swedia

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Muslim Swedia (ilustrasi)
Foto: EPA/Fredrik Sandberg
Muslim Swedia (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, STOCKHOLM -- Penggunaan jilbab di sekolah-sekolah di Swedia kini tak lagi dilarang. Hal tersebut setelah Pengadilan Administratif Malmo membatalkan putusan yang melarang pemakaian jilbab oleh siswa Muslim di sekolah-sekolah di sebuah kota di Swedia selatan. Anadolu Agency melaporkan, Pengadilan memutuskan hal tersebut karena pelarangan dianggap melanggar konstitusi dan kebebasan beragama.

Sebelumnya, larangan jilbab di sekolah diberlakukan di kota Skurup, yang terletak di wilayah selatan Skane. Dewan kota Skurup telah melarang jilbab untuk siswa di bawah usia 13 tahun pada tahun lalu. Namun, salah satu kepala sekolah di daerah tersebut sempat mengatakan tidak mengakui keputusan tersebut dan tidak akan menerapkannya di sekolahnya.

Negara-negara Eropa mendapat kecaman karena obsesi mereka melarang jilbab dan cadar. Di Swedia, pengajuan tentang masalah ini telah didukung oleh anggota parlemen dari Partai Tengah, Liberal, Moderat, dan Demokrat Swedia sejak 2009.

"Muslim tidak punya urusan di sini. Mereka ingin menghancurkan dan mengambil alih negara. Saya membenci semua Muslim sejauh ini, saya sakit ketika saya melihat mereka," kata Monika Wollmer dari partai Demokrat Swedia pada 2018 lalu, dilansir di Daily Sabah, Rabu (18/11).

 

Laporan tahunan Islamofobia Eropa menunjukkan, bahwa wacana politik dan publik di negara-negara Nordik terus menampilkan perdebatan tentang peran cadar dan jilbab di ruang publik. Di Norwegia, cadar dilarang di sekolah dan penitipan anak, menargetkan staf dan siswa terlebih dahulu. Namun, baik di Finlandia maupun di Swedia, pengajuan legislatif untuk pelarangan cadar sejauh ini telah gagal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement