Kamis 19 Nov 2020 18:25 WIB

PM Pakistan Kunjungi Afghanistan Bahas Hubungan Bilateral

Kunjungan PM Pakistan menjadi yang pertama ke Afghanistan

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan
Foto: AP Photo/Bebeto Matthews
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan

IHRAM.CO.ID, KABUL -- Perdana Menteri Pakistan Imran Khan tiba di Kabul, Afghanistan, Kamis (19/11) waktu setempat. Kedatangannya ke Kabul bertujuan untuk menemui Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di tengah negosiasi damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Namun, agenda pertemuan lebih menitikberatkan pada hubungan bilateral kedua negara di tengah pembicaraan damai antara pihak yang berkonflik. Itu menjadi kunjungan pertama Khan ke Afghanistan sejak menjabat lebih dari dua tahun lalu. Kunjungan itu juga merupakan kunjungan profil tertinggi oleh seorang pejabat Pakistan ke Kabul sejak pembicaraan damai dimulai antara Taliban dan pemerintah Afghanistan di Doha, Qatar.

Baca Juga

Kunjungan itu terjadi beberapa hari setelah Pentagon mengumumkan akan mengurangi jumlah personel militer Amerika Serikat (AS) di Afghanistan dari 4.500 menjadi 2.500 pada pertengahan Januari. Menyusul pengumuman AS, kepala NATO Jens Stoltenberg memperingatkan bahwa penarikan yang dinilai tergesa-gesa oleh AS, yang memimpin koalisi NATO di Afghanistan, dapat menyebabkan kekerasan lebih lanjut.

"Kami sekarang menghadapi keputusan yang sulit. Kami telah berada di Afghanistan selama hampir 20 tahun, dan tidak ada sekutu NATO yang ingin tinggal lebih lama dari yang diperlukan. Tetapi pada saat yang sama, harga untuk pergi terlalu cepat atau dengan cara yang tidak terkoordinasi bisa sangat mahal. tinggi," kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan dikutip Daily Sabah.

Stoltenberg mengatakan, negara yang dilanda konflik berisiko menjadi platform bagi teroris internasional untuk merencanakan dan mengatur serangan terhadap tanah air. ISIS juga menurutnya, dapat bangkit lagi di Afghanistan.

Keputusan Pemerintahan Donald Trump untuk menarik pasukan disinyalir sebagai agenda perdamaian Trump sebelum kepemimpinannya lengser. Kritikus mengecam Trump karena mengatur waktu penarikan sesuai dengan kalendernya sendiri sebagai lawan dari semacam terobosan di Afghanistan yang akan membenarkan penarikan besar-besaran.

Di luar Afghanistan, tidak ada risiko ketidakstabilan yang lebih besar daripada di negara tetangga Pakistan. "Fokus akan lebih dalam memperdalam hubungan bilateral persaudaraan antara Pakistan dan Afghanistan, proses perdamaian Afghanistan, dan pembangunan dan konektivitas ekonomi regional," kata kantor luar negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan saat Khan menuju Kabul.

Peran Pakistan dalam pembicaraan damai telah menjadi kunci. Terutama mengingat pengaruhnya atas kepemimpinan Taliban, meskipun Pakistan mengatakan bahwa pengaruhnya telah berkurang selama bertahun-tahun.

Perwakilan khusus Washington untuk perdamaian Afghanistan, Zalmay Khalilzad, telah melakukan sejumlah perjalanan ke Islamabad untuk membahas proses perdamaian. Ghani terakhir kali mengunjungi Pakistan pada Juni 2019.

Seorang juru bicara istana kepresidenan Afghanistan, Dawa Khan Minapal, mengatakan tujuan utama kunjungan tersebut adalah perdagangan bilateral dan hubungan ekonomi, tetapi perang melawan militansi di kawasan itu juga akan menjadi agenda utama. "Fokusnya akan terutama pada proses perdamaian tapi kami tidak akan menjaga harapan kami tinggi," kata seorang sumber di istana presiden Afghanistan.

Kekerasan tetap tinggi di Afghanistan meskipun proses perdamaian sedang berlangsung. Menurut Tariq Arian, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, selama enam bulan terakhir, Taliban telah melakukan 53 serangan bunuh diri, sementara 1.210 warga sipil termasuk di antara ribuan tewas dalam kekerasan terkait dengan pemberontakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement