12 Jumadil Akhir 1442

Hampir Rampung, Masjid Taksim Istanbul Dibuka Saat Ramadhan

Sabtu , 28 Nov 2020, 12:50 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
 Masjid yang masih dalam pembangunan di Istanbul
Masjid yang masih dalam pembangunan di Istanbul

IHRAM.CO.ID, ISTANBUL -- Pembangunan masjid besar di Taksim Square yang ikonik di Istanbul, Turki, dilaporkan hampir rampung. Masjid Taksim dijadwalkan akan dibuka selama bulan suci Ramadhan mendatang.

Dilansir di Hurriyet Daily News, Sabtu (28/11), pekerjaan fasad masjid di atas permukaan tanah itu telah diselesaikan, sementara pemasangan beton pracetak dari bangunan tersebut sudah pada tahap terakhir. Pekerjaan fasad dilanjutkan sesuai dengan aturan jarak sosial karena pandemi virus corona.

Sebuah perancah dibangun untuk pembangunan masjid, di mana sebuah prasasti di pintu utama digantung dan batu bingkai dipasang. Saat pembangunan masjid selesai, ketinggiannya, di luar menara, akan menjadi sekitar 30 meter, sama dengan dua gereja bersejarah di kawasan itu.

Kompleks tersebut juga akan memiliki gedung pertemuan, sedangkan area bawah tanahnya akan digunakan sebagai tempat parkir tertutup dengan kapasitas 180 kendaraan.

Masjid tersebut diperkirakan akan dibuka untuk sholat pada bulan suci Ramadhan, yang bertepatan pada April-Mei 2021. Rencana pembangunan masjid di  Taksim Square ini telah dikerjakan selama beberapa dekade.

Pengadilan sebelumnya menolak pembangunan masjid, karena dianggap bertentangan dengan kepentingan publik. Sebidang tanah tempat masjid dibangun saat ini dimiliki oleh Direktorat Jenderal Yayasan.

 

widget->kurs();?>