Rabu 02 Dec 2020 04:41 WIB

Mir Mahmood, Masjid Terkecil di Dunia

Masjid ini hanya bisa dimasuki oleh lima orang untuk sholat berjamaah

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Masjid Mir Mahmood
Foto: About Islam
Masjid Mir Mahmood

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Mir Mahmood adalah masjid terkecil di dunia. Masjid ini hanya bisa dimasuki oleh lima orang apabila ingin melakukan sholat berjamaah.

"Hanya lima orang yang dapat sholat pada waktu yang sama di dalam gedungnya," Hyderabad News melaporkan dilansir dari About Islam, Selasa (1/12).

Masjid Mir Mahmood disebut sebagai masjid terkecil karena ukurannya yang hanya 9,2 kaki x 12 kaki, dengan total hanya 110 kaki persegi atau 10,21 meter persegi. Meskipun kecil, masjid tersebut memiliki struktur yang megah dan menakjubkan.

Masjid ini dibangun dari batu dengan hanya satu lengkungan dan dua menara berukuran sangat kecil. Masjid ini hanya bisa menampung tidak lebih dari lima orang untuk sholat berjamaah.

Miniatur masjid ini diyakini telah dibangun pada awal abad ke-16 ketika garis pantai Andhra, termasuk Kondapalli dan benteng lainnya, dianeksasi oleh Sultan Quli dari dinasti Qutb Shahi pada tahun 1530 M.

Namun, miniatur masjid ini tidak dapat dianggap sebagai 'Masjid Terkecil' karena sudah tidak ada kegiatan sholat di dalam bangunan dan sholat pun tidak dilakukan lima kali sehari dalam masjid tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement