Rabu 02 Dec 2020 03:41 WIB

China Sebut Bersahabat dengan Dunia Islam

China menyebut selama ini bersahabat dengan dunia Islam bahkan menikmatinya

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying
Foto: IRNA
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- China merespons keinginan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk meningkatkan kerja sama. China pun menyebut selama ini bersahabat dengan dunia Islam bahkan menikmati persahabatan tersebut.

"Sesi ke-47 Dewan Menteri Luar Negeri OKI membuat pernyataan positif dan bersahabat tentang Cina dan menyatakan kesiapan untuk memperkuat kerja sama dengan Cina. Cina sangat menghargainya," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying dalam pengarahan pers pada Senin (30/11), dikutip laman resmi Kementerian Luar Negeri Cina.

Baru-baru ini OKI mengadakan pertemuan tingkat menteri di Niamey, Niger. Dalam resolusi yang dirilis seusai kegiatan, diungkapkan keinginan untuk meningkatkan kerja sama dengan Cina. Hua mengungkapkan Cina memelihara komunikasi dan pertukaran yang baik dengan OKI. "Cina menikmati persahabatan tradisional dengan dunia Islam," ujarnya.

Menurut Hua, Cina dan OKI telah melakukan kerja sama penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Belum lama ini, OKI pun mengutus dua delegasi ke Cina dan mengunjungi Provinsi Xinjiang. "Delegasi tersebut sepenuhnya menegaskan pentingnya Pemerintah Cina untuk melindungi hak-hak umat Muslim dan sangat memuji upaya pencegahan Cina dalam kontra-terorisme serta deradikalisasi," ucapnya.

 

Cina, kata Hua, sangat mementingkan pengembangan hubungan dengan OKI. "Kami siap untuk lebih memperdalam pertukaran dan kerja sama dengan OKI serta bekerja untuk pengembangan hubungan yang komprehensif dan mendalam antara Cina dan dunia Islam," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement