5 Jumadil Akhir 1442

China Tegaskan Dukungan Solusi Damai Palestina

Kamis , 03 Dec 2020, 13:37 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Esthi Maharani
Sidang PBB
Sidang PBB

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- China menegaskan dukungannya atas segala upaya yang kondusif untuk penyelesaian damai masalah Palestina. Hal ini disampaikan oleh Utusan China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Zhang Jun, saat berbicara pada Sidang Umum PBB dilansir di CGTN, Kamis (3/12).

Zhang mengatakan, China mendesak upaya bersama dalam menjaga perdamaian di kawasan Timur Tengah. Dia menambahkan, masalah Palestina sebagai masalah inti di Timur Tengah, berkaitan dengan perdamaian dan stabilitas regional pada persamaan, keadilan internasional, kemanusiaan, hati nurani dan moralitas.

Menurut Zhang, situasi yang bergejolak di kawasan Timur Tengah sangat memprihatinkan. China menentang tindakan apa pun yang dapat mengguncang kawasan itu. Dalam menyelesaikan masalah tersebut, komunitas internasional harus mematuhi solusi dua negara sementara Palestina dan Israel.

Israel, lanjut Zhang, juga harus mengikuti jalur negosiasi damai dan menghindari langkah-langkah yang dapat meningkatkan ketegangan. Dia menekankan, China akan terus melakukan upaya dalam menjaga kesetaraan dan keadilan internasional serta memfasilitasi perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Sementara itu, Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh pada Rabu lalu meminta negara-negara donor untuk mengambil tindakan yang lebih serius untuk memboikot permukiman Israel. "Situasi sebenarnya memburuk karena kebijakan Israel memperluas permukiman di wilayah Palestina," kata dia.

Dalam pernyataan pers, yang dikeluarkan oleh kantor PM Palestina di Ramallah, disebutkan bahwa kebijakan Israel membuat tanah Palestina menyusut dan kekerasan pemukim meningkat. Selain itu, akses ke sumber daya Palestina juga berkurang setiap hari.

 

widget->kurs();?>