Jumat 04 Dec 2020 06:20 WIB

Indonesia Miliki Empat Potensi Besar Produk Halal

Produk halal Indonesia memiliki peluang terbuka lebarnya pangsa pasar

Rep: Zahrotul Oktaviani / Dea Alvi Soraya/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Makanan Halal
Foto: MGROL100
Ilustrasi Makanan Halal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki sejumlah potensi besar yang mendukung industri halalnya menjadi yang terdepan di dunia. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Sukoso, menyebut setidaknya ada empat potensi yang dimiliki Indonesia.

Pertama, Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia. Kedua, Indonesia juga merupakan negara dengan jemaah haji dan umroh terbesar. Berikutnya, Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang besar.

"Dan keempat, posisi kita di area di mana terdapat kebutuhan halal global market sebesar 62 persen di Asia Pasifik," ujar Sukoso dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (4/12).

Dengan potensi tersebut, produk halal Indonesia memiliki peluang terbuka lebarnya pangsa pasar yang pasti. Tugas selanjutnya adalah bagaimana mengambil dan memanfaatkan peluang tersebut dengan berkompetisi sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PUB dan Presiden Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC), Muhammad Hasan Gaido, menyatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) dan mendukung program pemerintah dalam memajukan industri halal di tanah air.

"Saat ini Indonesia merupakan konsumen produk halal nomor satu di dunia. Namun ke depan Indonesia akan menjadi halal hub dunia. Dan kita akan menjadi sentra ekonomi syariah dunia. Dan PUB siap mendorong terrealisasiakannya tujuan itu," ujar Hasan Gaido. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement