Ahad 13 Dec 2020 15:30 WIB

Sheikh Mohammad Setuju Strategi Pariwisata UEA Baru

Strategi pariwisata UEA baru disetujui Sheikh Mohammad.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
Sheikh Mohammad Setuju Strategi Pariwisata UEA Baru. Foto: Dubai memiliki sejumlah hotel mewah untuk menjamu wisatawan berkantung tebal dari berbagai penjuru dunia.
Foto: EPA
Sheikh Mohammad Setuju Strategi Pariwisata UEA Baru. Foto: Dubai memiliki sejumlah hotel mewah untuk menjamu wisatawan berkantung tebal dari berbagai penjuru dunia.

IHRAM.CO.ID, DUBAI – Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UAE) sekaligus Perdana Menteri, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menyetujui strategi pariwisata domestik baru yang bertujuan untuk mengembangkan skema komprehensif. Dia mengungkapkan identitas pariwisata terpadu yang baru, sebagai bagian dari merek bangsa UEA untuk menetapkan status negara tersebut sebagai tujuan wisata yang ideal secara lokal dan global serta untuk berbagi kisahnya yang menginspirasi dunia.

Di bawah strateginya, Sheikh Mohammed meluncurkan kampanye pariwisata domestik federal pertama berjudul "Musim Dingin Paling Keren di Dunia" untuk mengundang publik menjelajahi permata tersembunyi dari tujuh emirat. Kampanye berlangsung selama 45 hari dan diawasi oleh kementerian ekonomi yang bekerja sama dengan entitas pariwisata lokal dan didukung oleh Kantor Media Pemerintah UEA.

Baca Juga

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengatakan dengan mempromosikan UEA sebagai satu tujuan wisata dengan beragam atraksi dan pengalaman meningkatkan sektor pariwisata negara sebagai bagian integral dari ekonomi nasional.

Selama acara khusus di Cagar Konservasi Gurun Al Marmoom, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum meninjau tujuan dan rencana strategi dan identitas pariwisata domestik yang baru di hadapan beberaapa petinggi UAE. Yakni, Wakil Penguasa Dubai Sheikh Maktoum bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Letnan Jenderal Sheikh Saif bin Zayed Al Nahyan, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri Sheikh Ahmed bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Ketua Dewan Media Dubai Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, Presiden Otoritas Penerbangan Sipil Dubai dan Kepala Eksekutif Emirates Airline and Group, dan Menteri Kabinet Mohammad Al Gergawi.

"Strategi UEA untuk pariwisata domestik menandai awal dari pemanfaatan semua sumber daya pariwisata dengan cara terbaik. Hari ini, kami meluncurkan kampanye pertama dari banyak untuk mengembangkan sektor vital ekonomi kita ini,” kata Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dilansir Gulf News, Ahad (13/12).

Peluncuran identitas pariwisata terpadu untuk mempromosikan UEA juga memberikan kesempatan bagi pemuda UEA. Dia mencatat belanja pariwisata domestik di UEA mencapai 41 dirham miliar.

“Dengan kolaborasi federal yang solid, kami dapat menggandakan kontribusi pasar domestik dan menciptakan peluang baru bagi industri bisnis kecil di seluruh negeri. Bekerja sebagai satu tim di sektor pariwisata akan membawa manfaat jangka panjang ke setiap bagian UEA," ujar dia.

Setiap dari tujuh emirat menampilkan pengalaman wisata yang kaya sumber daya dan kaya budaya. Melalui strategi ini, pihaknya juga mengundang pihak swastan untuk menjadikan kampanye ini sebagai peluang guna memperkuat kemitraan dengan pemerintah.

Musim dingin yang luar biasa

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menyebut UEA akan menjadi tuan rumah musim dingin yang luar biasa dan menawarkan layanan terbaik yang dapat dimanfaatkan wisatawan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengundang warga dan penduduk dari berbagai kelompok usia, minat, dan latar belakang untuk menemukan kembali petunjuk agar terhubung dengan alam dan berbagi pengalaman mereka di platform media sosial.

Partisipan yang ikut andil dalam diskusi tentang pilar strategi dan langkah-langkah implementasinya adalah Menteri Ekonomi Abdulla bin Touq Al Marri, Menteri Negara Kewirausahaan Usaha Kecil dan Menengah, Dr. Ahmad bin Abdullah Humaid Belhoul Al Falasi, Menteri Perdagangan Luar Negeri Dr. Thani Al Zeyoudi, Direktur Jenderal Departemen Pariwisata dan Pemasaran Perdagangan Dubai, Helal Saeed Al Marri, dan lain-lain.

Pengalaman turis

Strategi ini akan mencerminkan status UEA sebagai tujuan ideal yang menyediakan berbagai macam pengalaman wisata untuk memenuhi kebutuhan dan selera yang berbeda. Hal ini guna mendukung pengalaman pariwisata lokal di bawah identitas terpadu yang selaras dengan tujuan dari merek bangsa UEA untuk membangun citra positif negara secara regional dan internasional.

Strategi tersebut akan dilaksanakan melalui sejumlah langkah yang mencakup membangun kemampuan dan mendiversifikasi sumber daya, mendukung pertumbuhan perusahaan pariwisata dalam negeri, mendorong investasi dalam proyek pariwisata lokal, mengembangkan kebijakan dan rencana untuk mempromosikan pariwisata domestik di UEA, meluncurkan program pelatihan dan akademik di bidang pariwisata domestic, mempersatukan peraturan pariwisata lokal, membangun kemitraan publik-swasta di sektor pariwisata, mengundang sektor perhotelan untuk menawarkan paket promosi yang mendorong pariwisata musim dingin di seluruh UEA, dan meluncurkan situs tentang pariwisata domestik di UEA.

Sektor pariwisata domestik UEA menyumbang 41,2 miliar dirham atau setara 11,2 miliar dolar Amerika untuk ekonomi nasional pada 2019. Ini merupakan 23 persen dari total pendapatan sektor pariwisata, dibandingkan dengan 77 persen saham diambil oleh pariwisata internasional. Sebagai bagian dari strategi baru, negara bertujuan untuk menggandakan pendapatan pariwisata domestik dan mencapai keseimbangan yang lebih besar antara kedua bentuk pariwisata pada tahun 2030.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement