Senin 14 Dec 2020 13:40 WIB

Abdulrahman Al-Soliman, Penulis Peraih Banyak Penghargaan

Al-Soliman, seniman dan penulis Saudi yang telah memenangkan banyak penghargaan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Abdulrahman Al-Soliman
Foto: Arab News
Abdulrahman Al-Soliman

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Abdulrahman Al-Soliman adalah seorang seniman dan penulis Saudi yang telah memenangkan banyak penghargaan lokal dan internasional dalam karier artistiknya dalam lima dekade. Al-Soliman telah berpartisipasi dalam banyak pameran di luar Saudi serta acara dua tahunan Arab dan internasional.

Karyanya telah dipamerkan di sejumlah negara seluruh dunia. Dia juga telah mengadakan pameran pribadi di Dammam, Riyadh, Jeddah, Tangier, Kairo, Kuwait, Paris, dan Doha. Mulai dari tahun 1987 sampai 2000, Al-Soliman menjabat sebagai kepala departemen seni rupa di Masyarakat Budaya dan Seni di Dammam. Sebelumnya, ia adalah kepala departemen media dan direktur kegiatan.

Selama karirnya, tulisannya telah ditampilkan dalam publikasi seperti Asharq Al-Awsat, surat kabar Emirat Al Bayan, dan Independent Arabia. Dia pernah menjabat sebagai editor bagian seni rupa dalam surat kabar Al-Youm di Dammam. Beberapa buku telah ia tulis, termasuk tentang seni di Arab Saudi. Misal, The Journey of the Saudi Fine Arts Movement pada 2000 yang dianggap sebagai buku pertama tentang seni rupa Saudi.

Dilansir Arab News, Ahad (13/12), dia juga menerbitkan otobiografi berjudul Abdulrahman Al-Soliman: The Color of Space and the Scent of Memory. Al-Soliman merupakan presiden pertama dewan Saudi Society for Fine Arts dan mengabdi dari 2007 hingga 2012. Dia juga merupakan anggota pendiri dari Friends of Fine Art Society di Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

Penghargaan pertama didapatkannya dalam pameran seni kontemporer Saudi pada 1985, 1988, dan 1989. Selain itu, dia mendapat juga penghargaan untuk lukisan di Sharjah International Biennial of Arts pada 1997.

Al-Soliman telah dihormati oleh Misk Art Institute di Riyadh sebagai pelopor gerakan seni rupa di Saudi. Kini, karyanya telah dijual di lelang internasional seperti Sotheby dan Christie, diakuisisi oleh museum, serta koleksi publik dan pribadi internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement