Rabu 16 Dec 2020 05:07 WIB

Lebanon Penjarakan Aktivis yang Berkolobarasi dengan Israel

Lebanon memenjarakan aktivis Kinda Al-Khatib karena 'berkolaborasi' dengan Israel

Kinda Al-Khatib
Foto: Al Arabiya
Kinda Al-Khatib

IHRAM.CO.ID, BEIRUT -- Penuntutan militer Lebanon pada Senin lalu (14/12) menghukum seorang aktivis tiga tahun penjara karena "bekerja sama" dengan Israel dan melakukan perjalanan ke negara Yahudi itu. Kabar ini dilansir sumber Al Arabiya di sumber pengadilan Lenbanon.

Kinda Al-Khatib, yang berusia dua puluhan, ditangkap pada bulan Juni dan dituduh "bekerja sama dengan musuh", "memasuki wilayah Palestina yang diduduki", dan "bekerja sama dengan mata-mata musuh Israel".

Semua tahu, Lebanon secara teknis masih berperang dengan Israel dan melarang warganya bepergian ke sana. Pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa berpatroli di daerah perbatasan antara negara-negara tetangga.

"Pengadilan militer ... mengeluarkan putusan yang menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara dengan kerja paksa pada Kinda Al-Khatib," kata sumber pengadilan, berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk mengomentari masalah tersebut.

 

Sebelum penangkapannya, Khatib di Twitter telah mengkritik Hizbullah, sebuah gerakan Syiah Lebanon yang berjuang dalam perang tahun 2006 yang menghancurkan dengan Israel. Keluarga dan aktivisnya mengecam penangkapannya sebagai "politik" karena tweet-nya yang menentang mereka yang berkuasa.

Media dan aktivis Lebanon telah menarik kesejajaran antara kasus Khatib dan aktor Ziad Itani, yang juga dituduh "bekerja sama" dengan Israel pada tahun 2017. Itani dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan beberapa bulan kemudian, dan seorang perwira keamanan berpangkat tinggi kemudian dituduh "merekayasa" kasus tersebut.

Hizbullah adalah satu-satunya partai yang tidak dilucuti setelah perang saudara Lebanon 1975-1990, sejak saat itu juga menjadi pemain utama dalam politik Lebanon. Kelompok Syiah ditetapkan sebagai entitas "teroris" oleh banyak pemerintah Barat, tetapi para pendukungnya memuji hal itu dengan mengakhiri dua dekade pendudukan Israel di Lebanon selatan pada tahun 2000.

Hizbullah berperang selama 33 hari melawan pasukan Israel pada tahun 2006 yang menewaskan lebih dari 1.200 warga Lebanon, sebagian besar warga sipil, dan lebih dari 160 warga Israel, sebagian besar tentara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement