Kamis 17 Dec 2020 11:49 WIB

Saudi Buka Pendaftaran Vaksinisasi Lewat Aplikasi Sehhaty

Arab Saudi Buka Pendaftaran Vaksinisasi Covid-19 Lewat Aplikasi Sehhaty

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Subarkah
Vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19
Foto: Al Arabiya
Vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Menurut laporan resmi Saudi Press Agency (SPA) pada Selasa, Arab Saudi telah membuka pendaftaran vaksin Covid-19 melalui aplikasi seluler Sehhaty dari Kementerian Kesehatan.

Warga negara dan penduduk dapat mendaftar melalui aplikasi untuk mendapatkan vaksin tersebut yang akan tersedia secara gratis. Pada Kamis, Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi mengumumkan Saudi telah menyetujui vaksin virus korona Pfizer-BioNTech untuk digunakan di negara tersebut.

Pada awal Desember, juru bicara kementerian kesehatan mengatakan Arab Saudi akan menjadi salah satu negara pertama yang menerima vaksin Covid-19. Menurut SPA, kementerian kesehatan telah mengonfirmasi keamanan dan kemanjuran vaksin usai tes yang berhasil menunjukkan bahwa vaksin tersebut memberikan respons kekebalan yang kuat dan antibodi pada peserta uji coba.

Vaksinasi akan diberikan dalam tiga tahap. Tahap pertama akan memprioritaskan warga dan penduduk yang berusia di atas 65 tahun, mereka yang berada di garda depan dalam memerangi pandemi, dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang sudah ada sebelumnya. Orang yang mengalami obesitas dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 40, mereka yang immunocompromised, dan orang dengan dua atau lebih kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti diabetes atau asma juga akan divaksinasi pada tahap pertama.

Dilansir English Al Arabiya, Kamis (17/12), kondisi lain yang sudah ada sebelumnya yang termasuk dalam tahap pertama, yaitu penyakit ginjal kronis, penyakit jantung kronis termasuk penyakit arteri koroner, penyakit paru obstruktif kronis, dan memiliki riwayat stroke.

Tahap kedua akan menargetkan orang yang berusia di atas 50 tahun dan praktisi kesehatan lainnya. Orang dengan BMI antara 30 hingga 40 dapat menerima vaksinasi selama tahap kedua peluncuran.

Orang lain yang menderita salah satu penyakit kronis berikut juga akan divaksinasi pada tahap kedua, yaitu asma, diabetes, penyakit ginjal kronis, penyakit jantung kronis termasuk penyakit arteri koroner, penyakit paru obstruktif kronik, dan kanker aktif. Sedangkan vaksinisasi tahap ketiga akan mencakup semua warga negara atau penduduk yang ingin divaksinasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement