Jumat 18 Dec 2020 02:53 WIB

Sikap Rasulullah yang Membuat Orang Tertarik Islam

Sikap Rasulullah yang Membuat Orang Tertarik Islam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
Sikap Rasulullah yang Membuat Orang Tertarik Islam. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Sikap Rasulullah yang Membuat Orang Tertarik Islam. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ), Prof. M. Quraish Shihab mengatakan Rasulullah memiliki rambut hitam yang panjangnya sampai ke ujung telinganya. Dia memiliki dahi agak lebar, giginya putih bersih namun jarang. Sebab, ada beberapa yang patah karena terkena tombak. Dia juga rajin bersiwak. Matanya indah, putih dan hitam, bukan biru.

Sementara kulitnya sangat harus, walaupun itu diceritakan oleh orang yang hanya berjabat tangan dengan beliau. Warna kulit Rasulullah putih kemerah-merahan. Sedangkan saat berjalan, Rasulullah dilukiskan sebagai orang yang berjalan di dataran rendah, cepat dan gesit.

Baca Juga

“Dan kalau dia menunjuk, tidak dengan satu atau dua jari, tapi dengan seluruh tangan. Itu menunjukkan suatu kehormatan. Kalau dia menoleh bukan hanya dengan kepalanya, melainkan dengan seluruh badannya,” kata Quraish Shihab dalam video bertajuk Gaya Hidup Nabi di kanal Youtube Najwa Shihab.

Jika dia berbicara, kerap kali diulangi pembicaraannya tiga kali sambil memukul-mukul jarinya. Itu pertanda bahwa orang berpikir tentang apa yang diucapkannya. Rasulullah tidak digambarkan sebagai sosok yang mencaci maki. Makiannya yang paling buruk dengan mengatakan “semoga dahinya terkena lumpur.” Jika dia menegur orang pun tidak dengan menegurnya. Dia hanya berkata, “Mengapa ada orang berlaku ini?”.

 

Rasulullah senang senyum dan bercanda. Saat ada candaan yang lucu, dia tidak terbahak-bahak, tapi terlihat semua giginya.

“Ada seorang nenek tua datang kepada Nabi, dia berkata, “Doakan saya masuk surga wahai Nabi,” Nabi ini ingin bercanda, lalu dia berkata, “Di surga tidak ada orang tua.” Kemudian nenek itu menangis DNA Nabi berkata, “Bukan itu maksud saya, kamu nanti jadi wanita cantik dan muda. Karena di surga tidak ada yang tua,” ujar Quraish Shihab.

Rasulullah merupakan sosok suami yang sangat mandiri. Setiap pagi, dia memeras sendiri susu sapi untuknya. Kalau ada alas kaki yang robek, dia jahit sendiri. Selain itu, Rasulullah juga merupakan suami yang sangat romantis.

Jika Aisyah minum di satu gelas, di tempat Aisyah meletakkan bibirnya, Rasulullah ambil gelas tersebut dan meletakkan juga bibirnya di tempat itu. Itu semua yang menjadi orang tertarik kepadanya. Di saat yang sama, Rasulullah juga gagah dan berwibawa. Beliau berkata, “Aku mendapat kemenangan karena orang takut kepadaku.”

Menurut para ulama, Rasulullah merupakan seorang yang gagah, berwibawa, orang bersimpati padanya, dan dia juga bersimpati pada orang lain. “Ini yang membuat orang tertarik ajaran Islam bahkan sebelum mengenal ajaran Islam. Karena beliau menjadi teladan kita semua,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement