Rabu 23 Dec 2020 05:25 WIB

Asosiasi Umrah Pasrah Saudi Batasi Umrah Internasional

Beberapa agen travel menjadwalkan keberangkatan umrah lewat Jakarta

Jamaah melakukan tawafpada tahap pertama pembukaan umrah di tengah pandemi covid-19
Foto: Saudigazette
Jamaah melakukan tawafpada tahap pertama pembukaan umrah di tengah pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Timur Sufyan Arief mengaku pasrah dengan keputusan Pemerintah Arab Saudi yang kembali membatasi umrah internasional.

Sufyan menjelaskan, kebijakan penangguhan penerbangan internasional yang dimulai sejak Senin kemarin demi mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 di Eropa  berdampak pada rencana pemberangkatan jamaah umrah RI. 

"Ya bagaimana lagi mas, dan para agen jasa pemberangkatan jemaah umrah hanya bisa pasrah," kata Sufyan, ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Selasa (22/12).

Ia mengatakan, semua kebijakan dari negara lain hanya bisa dilaksanakan dan dipatuhi, seperti kebijakan Kerajaan Saudi. Terkait kerugian, Sufyan tidak mau menjelaskan secara rinci. Meski demikian, beberapa agen travel anggota Amphuri sebetulnya menjadwalkan keberangkatan calon jamaah umrah melalui penerbangan di Jakarta.

"Ada jadwal keberangkatan jamaah pada akhir Desember nanti. Karena ada kabar tak sedap dari Arab Saudi itu, sangat mungkin pemberangkatan jamaah kami tunda," kata dia.

Sebelumnya, diberitakan, Arab Saudi menutup sementara semua penerbangan internasional selama satu pekan untuk mencegah penularan strain baru virus corona SARS-CoV-2.Keputusan penutupan sementara penerbangan internasional ke Arab Saudi itu mulai berlaku pada Senin (21/12), dan bisa diperpanjang hingga pekan berikutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement