Jumat 01 Jan 2021 17:00 WIB

Pemprov Pakistan Membiayai Kuil Hindu Yang Dihancurkan Massa

Pakistan bangun kembali kuily yang dirusak massa.

Polisi  Pakistan memeriksa kuil Hindu yang terbakar sehari setelah serangan massa di sebuah desa terpencil di distrik Karak pada 31 Desember 2020.
Foto: Al Arabiya
Polisi Pakistan memeriksa kuil Hindu yang terbakar sehari setelah serangan massa di sebuah desa terpencil di distrik Karak pada 31 Desember 2020.

IHRAM.CO.ID, PESHAWAR -- Sebuah kuil Hindu di Pakistan yang dihancurkan oleh massa pekan lalu akan dibangun kembali dengan menggunakan dana pemerintah provinsi, kata menteri penerangan Pakistan, Jumat (1/1).

Sekitar 1.500 orang turun ke kuil - di desa terpencil di timur laut provinsi Khyber Pakhtunkhwa - setelah memprotes renovasi yang dilakukan pada bangunan sebelah milik kelompok Hindu.

Mereka menggunakan palu godam untuk merobohkan tembok sebelum membakar gedung.

“Kami menyesali kerusakan yang disebabkan oleh serangan itu,” kata Kamran Bangash, menteri informasi provinsi.

A policeman stands guard at the burnt Hindu temple a day after a mob attack in a remote village in Karak district. (AFP)

  • Keterangan foto: Seorang polisi berjaga di kuil Hindu yang terbakar sehari setelah serangan massa di sebuah desa terpencil di distrik Karak. (AFP)

"Kepala menteri telah memerintahkan pembangunan kembali kuil dan rumah yang berdampingan," katanya kepada AFP.

Konstruksi akan dimulai secepat mungkin dengan dukungan dari komunitas Hindu, katanya, menambahkan keamanan akan disediakan di lokasi tersebut.

Pengadilan tinggi Pakistan telah memerintahkan pihak berwenang untuk mengirimkan laporan tentang penghancuran kuil tersebut.

Diskriminasi dan kekerasan terhadap agama minoritas adalah hal biasa di Pakistan, di mana Muslim membentuk 97 persen dari populasi dan Hindu sekitar dua persen.

Kuil, yang dihancurkan dalam keadaan serupa pada tahun 1997 dan kemudian dibangun kembali, terletak sekitar 160 kilometer (100 mil) tenggara Peshawar, ibu kota provinsi.

Meskipun tidak ada umat Hindu yang tinggal di daerah tersebut, para pemujanya sering mengunjungi kuil dan tempat pemujaannya untuk memberi penghormatan kepada santo Hindu Shri Paramhans, yang meninggal di sana sebelum partisi India pada tahun 1947 yang melahirkan Pakistan.

A policeman stands guard at the burnt Hindu temple a day after a mob attack in a remote village in Karak district, some 160 kms southeast of Peshawar on December 31, 2020. (AFP)

  • Keterangan foto: Seorang polisi berjaga di kuil Hindu yang terbakar sehari setelah serangan massa di sebuah desa terpencil di distrik Karak, sekitar 160 km tenggara Peshawar pada 31 Desember 2020. (AFP)

Kepala polisi distrik Irfanullah Khan mengatakan kepada AFP sekitar 45 orang telah ditahan sehubungan dengan insiden itu - termasuk seorang ulama lokal, Maulana Sharif, yang dituduh menghasut massa.

Kepala polisi distrik Irfanullah Khan mengatakan kepada AFP sekitar 45 orang telah ditahan sehubungan dengan insiden itu - termasuk seorang ulama lokal, Maulana Sharif, yang dituduh menghasut massa. Khan menambahkan polisi juga sedang mencari Maulana Mirza Aqeem, Bupati Jamiat Ulema-e-Islam (JUI-F), salah satu partai Islam terbesar di Pakistan.

Tahun lalu, AS menempatkan Pakistan dalam daftar "negara dengan perhatian khusus" untuk pelanggaran kebebasan beragama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement