Sabtu 02 Jan 2021 06:15 WIB

Muslimah Inggris Operasi Caesar Saat Koma Akibat Covid-19

Muslimah Inggris, Mehpara Naqvi, dilarikan ke RS pada Oktober lalu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang warga Inggris, Mehpara Naqvi, melahirkan bayinya secara caesar saat dirinya tengah koma akibat Covid-19.
Foto: BBC
Seorang warga Inggris, Mehpara Naqvi, melahirkan bayinya secara caesar saat dirinya tengah koma akibat Covid-19.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslimah yang terkena Covid-19 saat mengandung sempat mengalami koma selama sembilan hari. Dalam keadaan koma, ia menjalani operasi caesar.

Usia kandungan pasien bernama Mehpara Naqvi tersebut sudah memasuki tujuh bulan ketika dilarikan ke rumah sakit Bradford Royal, Inggris pada Oktober 2020. Saat itu, Naqvi mengalami kesulitan bernapas.

Baca Juga

Sebelum mengalami kesulitan bernapas, Naqvi sudah menunjukkan beragam gejala Covid-19 lainnya. Beberapa di antaranya adalah batuk, sakit kepala, dan kehilangan indra perasa dan penciuman. Kondisi Naqvi lalu memburuk hingga akhirnya kesulitan bernapas dan dilarikan ke rumah sakit.

Pada hari pertama di rumah sakit, Naqvi tersebut ditempatkan di ruang perawatan intensif. Tak lama kemudian, kepala Maternal Critical Care Debbie Horner menilai bayi dalam kandungan Naqvi perlu dilahirkan melalui operasi caesar dan ditempatkan di inkubator.

Kondisi Naqvi yang semakin menurun juga memunculkan kekhawatiran baru. Salah satunya terkait kebutuhan oksigen janin yang dapat memberikan tekanan tambahan pada paru-paru Naqvi. Kondisi inilah yang kemudian mendorong tim medis untuk melakukan operasi caesar terhadap Naqvi.

Saat dilarikan ke ruang operasi, kadar oksigen Naqvi menurun secara drastis. Akan tetapi, tim medis memutuskan untuk melanjutkan operasi dan memberikan anastesi umum kepada perempuan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement