Kepastian Penyelenggaran Ibadah Haji 2021 Belum Diperoleh

Selasa , 19 Jan 2021, 22:14 WIB Reporter :Febrianto Adi Saputro/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Kepastian Penyelenggaran Ibadah Haji 2021 Belum Diperoleh (ilustrasi).
Kepastian Penyelenggaran Ibadah Haji 2021 Belum Diperoleh (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa sementara ini kepastian penyelenggaraan ibadah haji 2021 belum diperoleh. Ada pun berbagai upaya dan koordinasi telah dilakukan untuk mencari kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya bertemu dengan duta besar Indonesia untuk Arab Saudi di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Senin (11/8).

 

Terkait

"Dan juga telah mengirimkan surat ke Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dalam rangka mendapatkan informasi tentang kepastian haji," kata Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII, Senin (18/1).

Selain itu Kementerian Agama melalui Dirjen Haji dan Umroh juga telah bertemu dan berkoordinasi dengan otoritas terkait di Arab Saudi.  Rencananya sore ini pertemuan akan digelar kembali secara virtual mengenai kepastian tersebut.

"Dari koordinasi tersebut diperoleh informasi sementara bahwa sampai saat ini kepastian adanya ibadah haji pada tahun 2021 belum diperoleh," ujarnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengungkapkan bahwa pemerintah Arab Saudi masih fokus pada penanganan covid-19 di dalam negeri. Kendati demikian pria yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut mengatakan bahwa Kementerian Agama akan terus mengupayakan agar Indonesia bisa memberangkatkan jemaahnya pada ibadah haji 2021 mendatang. 

"Kami di Kemenag melakukan ikhtiar usaha yang terbaik terkait pelaksanaan ibadah haji ini," ungkapnya. 

Gus Yaqut menambahkan Kemenag telah menyiapkan tiga opsi terkait pelaksanaan ibadah haji 2021 mendatang yaitu kuota penuh, kuota terbatas, hingga opsi tidak memberangkatkan jemaah haji seperti tahun 2020 lalu. 

"Pemerintah sampai saat ini menyiapkan opsi pertama  meski sangat tergantung Pemerintah Arab Saudi. Kita semua berharap wabah ini segera berakhir sehingga pelaksanaan ibadah haji 2021 berjalan normal seperti penyelenggaran ibadah haji tahun sebelumnya," harapnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini